Buah Semangka Mini Ini Langka, Tetapi Rasanya Seperti Mentimun

"Seorang perempuan memanen buah semangka mini."

Seorang perempuan memanen buah semangka mini. Buah bundar kecil ini merupakan tanaman liar yang hidup di sekitaran pematang sawah.

Video buah semangka mini tersebut diunggah oleh akun @SulastriMayani di TikTok. Wanita dalam video juga mengungkap bahwa semangka mini memiliki rasa seperti mentimun. Terekam perempuan ini memetik sejumlah semangka.

Buah semangka mini ini memiliki nama Cucamelon. Melansir dari laman Metropolis.id, buah cucamelon adalah buah kecil dan berbentuk bulat telur ini dianggap gabungan dari dua jenis buah yang ukurannya berbeda jauh, yaitu buah semangka yang besar dan mentimun yang kecil. Dengan kulit yang bercorak garis-garis hijau tua dan hijau muda yang khas dengan buah semangka, rupanya saat dibelah ternyata bentuknya malah seperti mentimun.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@sulastri_mayani

Memiliki nama latin Melothria scabra, buah ini kebanyakan digunakan dalam berbagai jenis salad untuk menambah rasa sedikit masam dan juga menambah kandungan air. Sebagaimana sempat disebutkan kalau buah ini biasanya hidup liar, ternyata itu karena buah ini lebih sering dianggap sebagau hama atau rumput liar di Indonesia. Biasanya, buah ini ditemukan di semak-semak perkebunan atau pegunungan dan terkadang bisa dijumpai di beberapa jalur pendakian.

Menurut yang pernah mencicipi, buah semangka mini alias cucamelon ini memiliki aroma yang khas dan segar, sangat mirip buah semangka. Namun, dari segi rasa, buah ini lebih manis dan sedikit kecut layaknya mentimun pada umumnya.

Aku pernah cobain semangka mini tapi yang aku petik kecut ada manisnya”, ujar akun @daaa_0712 yang menceritakan pengalamannya saat mencicipi semangka mini.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@sulastri_mayani

Akun @gggg.gggg justru mengungkapkan pendapat berbeda saat mencicipi buah cucamelon ini, yaitu “semangka mini ga lagi deh w nyoba. Pait bet anjir w sampe muntah, rasanya kek getah kamboja”, tulisnya di kolom komentar.

Kemungkinan besar buah yang dimakan oleh @gggg.gggg itu adalah buah yang masih mentah sehingga ia merasakan rasa yang begitu pahit. Sebaliknya, buah yang dicicipi oleh @daa_0712 adalah buah yang matang sehingga memiliki rasa kecut manis dan masih bisa dimakan.   

Buah semangaka mini atau cucamelon ini ternyata juga mengandung banyak nutrisi dan zat yang menyehatkan tubuh. Dari berbagai vitamin seperti A dan C, mineral, serat, potasium, antioksidan, hingga karotenoid bisa ditemukan dalam buah ini.  Buah semangka mini atau cucamelon juga dikenal penuh gula alami dan minim kalori, sehingga cocok untuk mengganti cemilan bagi yang ingin diet dan mengubah pola makan.

TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@sulastri_mayani

Seperti yang disebutkan oleh laman Lestarihutanku.id, cucamelon memiliki beragam manfaat yang dibawa kandungan-kandungannya, di antaranya adalah memperbaiki fungsi jantung, sebagai antioksidan, menurunkan kolesterol, melindungi sistem kardiovaskular, dan menjaga fungsi mata. Cucamelon juga bisa mencegah beberapa penyakit seperti stroke, jantung, kanker, dan penuaan dini.

@sulastri_mayani Petik buah unik di sawah #fyp #foryou #buahlangka #panenbuah #baseblak ♬ suara asli  - Sulastri Mayani


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network