Knalpot Diberi Sambungan Pipa, Motor Ini Sukses Terjang Banjir

"Dalam video terlihat sebuah motor matic merah yang sedang ditumpangi oleh seorang bapak-bapak dimodifikasi bagian knalpotnya dengan diberi sambungan pipa agar air tidak masuk ke knalpot motor."

Musim hujan selalu identik dengan fenomena banjir seperti yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa kota besar. Fenomena banjir tersebut tentu meresahkan banyak pihak khususnya para pemilik kendaraan bermotor. Alasan paling mendasar yang membuat para pemilik kendaraan bermotor itu resah adalah air yang menggenang tentu dapat membuat kendaraan mogok atau bahkan rusak.

Dalam sebuah video singkat unggahan @sapanpride terlihat sebuah motor yang sukses melewati banjir yang cukup tinggi. "Yang nanya solusi solusi solusi banjir. Nih ada 😄😂 Enjoy sapanland 🤙🏻 🌅," tulis unggahan tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CmVuPHGjuZ5/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Dalam video terlihat sebuah motor matic merah yang sedang ditumpangi oleh seorang bapak-bapak dimodifikasi bagian knalpotnya dengan diberi sambungan pipa agar air tidak masuk ke knalpot motor. Salah seorang warganet bahkan ada yang mengira kalau motor itu dibuat ala-ala motor selam.

"Motor selam?," komentar akun @vimattra.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CmVuPHGjuZ5/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Namun, sebagian besar komentar warganet justru menyayangkan pipa tambahan yang dipasang di knalpot motor agar tidak kemasukan air tersebut karena berujung tidak ada gunanya jika sisi filter air depan motornya tetap kemasukan air.

"Kebalik woy kebalik, yang penting intake ditinggikan 🙂. Knalpot ga bakalan kemasukan air selagi mesin hidup," ujar akun @abyan_pb.

"Lebih berguna klo yg di kasih perpanjangan udara itu di filter udara, soalnya ruang bakar butuh udaranya lewat situ klo kena air ya gak bisa nyala, beda klo knalpot ada air bakal kesemprot udara buang ruang bakar," tutur akun @komy_haycka.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CmVuPHGjuZ5/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Mengutip dari berbagai sumber, apabila seseorang memilih untuk menerjang banjir, hal yang perlu diperhatikan adalah potensi rusaknya sepeda motor karena kemasukan air. Untuk itu, sebelum mengambil risiko tersebut ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

Ketinggian air jangan kenai busi. Saat melewati lokasi banjir, perhatikan ketinggian air jangan sampai mencapai busi pada motor. Air yang masuk dapat menyebabkan pengapian mesin tidak bekerja.

Matikan mesin. Apabila terlanjur menerobos banjir, lebih baik matikan mesin sepeda motor Anda. Jangan paksakan mesin motor bekerja di dalam air, karena jika air masuk saat suhu ruang bakar tinggi akan menyebabkan kerusakan piston sepeda motor.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CmVuPHGjuZ5/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Saat musim hujan, berikan perhatian untuk busi. Lapisi busi dengan gemuk atau grease karena kandungan minyaknya dapat melindungi busi dan meminimalisasi air masuk ke area pengapian. Apabila busi terlanjur kemasukan air, semprotlah dengan pelumas ke kepala businya supaya airnya cepat kering.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network