Jelaskan Pengertian Informatika, Pahami Sejarah, Fungsi, serta Ruang Lingkupnya

"Apa yang dimaksud dengan informatika? Berikut adalah penjelasanya!"

Secara umum, informatika adalah studi tentang perilaku dan struktur sistem apa pun yang menghasilkan, menyimpan, memproses dan kemudian menyajikan informasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), informatika adalah ilmu tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran pengetahuan yang direkam.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menjelaskan bahwa informatika merupakan jenis lingkup ilmu berkenaan dengan studi rancangan, dan development dalam sistem komputasi, serta beberapa prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangannya.

Ada pun fungsi dari informatika dalam kehidupan manusia, serta informatika juga memiliki ruang lingkup tersendiri dalam studinya. Agar lebih memahami tentang informatika, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Tentang Informatika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pada tahun 1957, Karl Steinbuch, seorang ilmuwan komputer Jerman, menciptakan kata "informatika" dalam sebuah karya berjudul Frase Informatika.

Sejak itu kata informatik digunakan secara bergantian dengan periode ilmu komputer, karena asal kata Jerman itu sendiri, yaitu "informatik" atau "die informatika", biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai ilmu komputer atau komputasi.

Kemudian, pada tahun 1994, Universitas Edinburgh di Skotlandia mendirikan sebuah kelompok yang dan menggambarkan interpretasi orang awam tentang informatika sebagai studi tentang struktur, algoritme, perilaku, dan interkoneksi sistem komputer alami dan buatan. Bahkan pada tahun 2022, frasa tersebut akan banyak digunakan di Inggris, seperti sekarang.

Fungsi Informatika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa fungsi dari informatika yang perlu kita pahami, antara lainadalah:

1. Asistensi dalam berinteraksi secara intuitif dengan teknologi.
2. Pembangunan alat dan aplikasi komputasi yang inovatif.
3. Melakukan penjelajahan secara informatika.

Ruang Lingkup Informatika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Informatika memiliki ruang lingkup dalam pengkajiannya, berikut simak ulasan-ulasan singkat tentang lingkup studi informatika di bawah ini:

1. Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan studi yang mempelajari berbagai hal mengenai sistem informasi, yang merupakan produk konkret yang paling banyak digunakan di seluruh sektor industri.

2. Teknik informatika

Teknik informatika merupakan studi yang mempelajari teknis dan penerapan sistem komputasi dan berbagai prinsip-prinsip yang menjadi perancangan serta pengembangan sistem pengolahannya (praktis namun umum).

3. Manajemen Informatika

Manajemen informatika merupakan studi yang mempelajari perencanaan, pengaturan, hingga evaluasi (quality control) suatu proyek pengembangan sistem informasi atau berhubungan langsung dengan penggunaan teknologi informasi untuk implementasinya di bidang manajemen.

4. Teknik Komputer

Teknik komputer merupakan studi yang mempelajari berbagai perangkat keras (hardware/gadget) yang digunakan dalam bidang informatika yang dapat meliputi instalasi jaringan komputer serta berbagai penyokongnya.

5. Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan studi yang mempelajari sistem komputasi sebagai keilmuan dalam penelitian maupun bahan ajar, tidak berfokus pada penerapannya.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network