Jelaskan Pengertian Permainan Bola Voli, Sejarah, Teknik Dasar, Serta Peraturannya

"Ketahui lebih dalam tentang permainan bola voli"

Pengertian permainan bola voli adalah salah satu olahraga yang dilakukan oleh dua tim yang saling berhadapan, yang setiap timnya terdiri dari enam orang pemain.

Permainan bola voli memiliki aturan di mana setiap pemain memiliki tugas yang berbeda dan disetiap pindah bola ada rotasi dalam posisi pemain.

Menurut Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memaparkan bahwa pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Dengan aturan setiap tim memiliki kesempatan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola, dan bola melewati net dan jatuh menyentuh lantai lawan.

Mahfud Irsyada menuturkan bahwa pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan dua tim, dan masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

Agar lebih jelas, simak ulasan tentang sejarah, teknik dasar, dan peraturan dalam permainan bola voli.

Sejarah Permainan Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berdasarkan situs resmi Federation Internationale de Volleyball (FIVB), permainan bola voli pertama kali di temukan pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

William George Morgan adalah sosok pencipta dari permainan bola voli. Willian George Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christian Association (YMCA).

Pada awal mulanya, permainan bola voli ini bernama Mintonette. Lalu, nama Mintonette diubah menjadi volleyball (bola voli) pada tahun 1896.

Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMC) mengundang dan meminta Morgan untuk melakukan demonstrasi permainan Mintonette.

Setelah melakukan demonstrasi permainan Mintonette, Profesor Alfred T. Halstead mengusulkan nama permainan tersebut diubah menjadi permainan bola voli.

Pada saat itu, William G. Morgan dan peserta konferensi menyetujui usulan Alfred tersebut. Kemudian William G. Morgan menyusun sebuah buku yang berisikan peraturan permainan bola voli.

Peraturan tersebut diterbitkan pada Juli 1896, dan dimasukkan dalam peraturan Liga Atletik YMCA Amerika Utara, pada 1897.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Untuk meraih kemenangan, tentu sebuah tim voli harus memiliki persiapan yang matang. Selain itu, mereka juga harus menguasai tekni-teknik dasar dalam permainan bola voli. Berikut adalah teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli:

1. Servis

Servis dalam permainan bola voli adalah pukulaan pembuka untuk memulai sebuah pertandingan. Ada dua jenis servis dalam permainan bola voli, antara lain:

a. Servis Atas
Servis atas dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas, lalu memukulnya sambil melompat dan mengayunkan tangan dari bawah ke atas.

b. Servis Bawah
Servis bawah dilakukan dengan cara menarik salah satu lengan ke belakang lalu memukul bola menggunakan tangan.

2. Passing

Passing dalam permainan bola voli adalah sebuah upaya memberikan bola kepada teman. Ada dua jenis teknik passing dalam permainan bola voli, antara lain:

a. Passing Atas
Passing atas dilakukan dengan posisi tangan mengarah ke atas dan telapak tangan terbuka ketika memberikan bola.

b. Passing Bawah
Passing bawah dilakukan dengan cara posisi tubuh setengah jongkok, lutut ditekuk, kedua tangan dirapatkan lurus. Saat ada bola datang, gerakkan lengan ke atas condong ke depan menanti bola.

3. Teknik Smash

Smash dalam permainan bola voli adalah mengembalikan atau memukul bola secara keras ke daerah lawan dengan tujuan mendapat poin.

4. Blocking

Blocking merupakan teknik yang digunakan untuk menahan serangan lawan. Dalam permainan bola voli, block dilakukan agar smash dari pemain lawan tidak menghasilkan poin.

Peraturan Permainan Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Demi berlangsungnya permainan, maka ada aturan-aturan yang telah disepakati dalam permainan bola boli tersebut. Berikut adalah peraturan-peraturan yang ada dalam permainan bola voli:

- Permainan dimainkan oleh dua tim
- Setiap tim dimainkan oleh enam orang
- Satu tim minimal harus dimainkan oleh empat orang
- Libero menggunakan seragam yang berbeda dari anggota tim lainnya
- Permainan dimulai dengan servis
- Servis dilakukan dari luar garis lapangan
- Bola servis harus melewati atas net
- Bola dinyatakan keluar jika keluar garis lapangan
- Pemain hanya boleh melakukan segala macam teknik di areanya sendiri
- Bola dianggap masuk apabila menyentuh lantai lapangan dan masih berada dalam garis lapangan
- Semua anggota tubuh dapat digunakan untuk memantulkan atau memukul bola
- Pemain tidak boleh menangkap dan melempar bola
- Permainan bola voli berlangsung 2 sampai 3 set
- Satu set dimenangkan oleh tim yang mencapai skor 25 lebih dulu
- Pergantian pemain boleh dilakukan selama pertandingan masih berlangsung


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network