Jelaskan Pengertian Musik Ansambel, Ketahui Jenis dan Ciri-cirinya

"Musik Ansambel, Pernah Dengar? Kalau Belum Simak Artikel ini!"

Mayoritas dari populasi manusia di dunia pasti menyukai musik. Ada berbagai macam jenis musim, salah satunya adalah musik ansambel.

Secara etimologi kata ansambel adalah bahasa Perancis. Pengertian musik ansambel adalah sajian musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih serta mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis.

Menurut kamus musik, pengertian ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan dalam sebutannya, seperti dikutip dari modul Seni Budaya Musik Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX karya Drs. Djito, M.Pd., dkk.

Dalam hal ini, musik ansambel dapat diartikan sebagai kegiatan bermain musik secara bersama-sama, menggunakan beberapa alat musik dan lagu-lagu dengan aransemen sederhana di setiap musiknya.

Musik yang dipilih dalam musik ansambel biasanya mengandung unsur ritmis, melodis, yang mampu menghasilkan harmonisasi.

Jenis Musik Ansambel

Melansir dari buku 'Target Nilai 100 Ulangan Harian' karya Tim Guru Eduka, musik ansambel dikelompokkan menjadi dua berdasarkan penyajiannya, yakni:

1. Musik ansambel sejenis, yaitu bentuk penyajian dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contoh alat musik ansambel sejenis adalah perekam suara. Kemudian ada ansambel gitar, artinya semua bermain gitar. Ansambel sejenis sendiri terdiri dari beberapa elemen, antara lain:

a. Ansambel perkuisi
Ansambel perkuisi dimainkan dengan alat musik perkuisi. Misal rampak gendang, rebana, drumband, marching band, gandang dan lain-lain.

b. Ansambel tiup (Brass Band)
Ansambel tiup adalah ansambel yang seluruh instrumen musiknya terdiri atas alat-alat musik tiup. Beberapa jenis alat musik tiup adalah recorder, flute, trompet, saksofon, trombon, klarinet, oboe, dan french horn.

c. Ansambel gesek
Ansambel gesek adalah ansambel dengan kelompok alat musik gesek, seperti violin, biola, cello, contra bass. Cello diambil dari kata dari violoncello. Cello merupakan sebuah alat musik gesek dan bagian dari alat musik biola.

Orang yang memainkan cello disebut cellis. Cello memberikan suara yang megah karena nadanya yang rendah. Ukuran cello lebih besar daripada biola atau viola, namun lebih kecil daripada bass.

d. Kuartet gesek
Dalam ansambel gesek, terdapat kelompok yang populer, yaitu kuartet gesek. Kuartet gesek merujuk pada sebuah kelompok yang terdiri atas 2 (dua) biola, 1 (satu) viola, dan 1 (satu) cello.

2. Musik ansambel campuran, yaitu penyajian musik yang menggunakan beberapa jenis alat musik bermacam-macam jenisnya. Contoh alat musik ansambel campuran adalah pianika, gitar, triangle, tamborin dan simbal.

Dalam hal ini, alat musik yang dimainkan menggunakan harmonis atau alat musik yang memiliki fungsi sebagai melodis dan ritmis. Alat musik ini dapat menghasilkan campuran nada dan juga bisa dimainkan sebagai penggiring dalam paduan nada, hal ini biasa disebut dengan akor.

Ciri-Ciri Musik Ansambel

Adapun ciri-ciri dari musik ansambel, antara lain adalah:

• Musik dari satu atau beberapa alat musiknya, dimainkan secara bersama-sama dengan jumlah banyak.
• Pemain musiknya bersifat tetap, karena jika berubah-ubah maka penyesuaian permainan musik ansambel akan sulit.
• Dimainkan di ruangan tertutup dan hening, sehingga musik ansambel lebih bisa dinikmati.
• Bunyi dari kombinasi semua alat musiknya menciptakan perpaduan harmonisasi.
• Durasi musik ansambel pendek, dengan lagu dan lirik yang tidak terlalu panjang atau pendek.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network