Tips Agar Gas 3 Kg Awet Saat Digunakan oleh Penjual Gorengan Ini Viral

"Seorang pria yang berprofesi sebagai penjual gorengan membagikan tips menghemat penggunaan gas LPG"

Seorang pria yang berprofesi sebagai penjual gorengan membagikan video tips cara menghemat penggunaan gas LPG. Video ini viral setelah diunggah kembali oleh pemilik akun instagram @demendolan.

Pedagang tersebut mengklaim bahwa LPG 3 Kg bisa awet sampai satu pekan karena direndam air. Berikut ini penuturan dari pedagang gorengan tersebut.

"Nih tips gas nggak abis-abis, kenapa saya jualan gas nggak abis-abis?” ” ungkapnya.

"Nih karena direndam nih pake air di dalem ember, ini saya seminggu satu gas nggak abis-abis," tambahnya sambil memperlihatkan eksperimenya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/demendolan/

Terlihat dengan jelas dalam video gerobak gorengan lengkap dengan kompor dan juga wajan berisi minyak panas untuk menggoreng. Selain itu terlihat pula adonan tepung sebagai bahan baku dagangannya. Kemudian pria ini memperlihatkan gas LPG yang direndam dengan ember kecil berwarna hitam. Tips ini digadang-gadang sangat manjur untuk menghemat penggunaan gas LPG.

Setelah video ini beredar dan viral di jagad media sosial, PT Pertamina Patra Niaga, melalui akun Instagram resminya @ptpertaminapatraniaga, menginfokan jika merendam gas LPG 3 kg tidak membuat pemakaian gas menjadi lebih lama. Cara tersebut juga tidak dianjurkan.

Tidak benar merendam tabung gas dalam air membuat pemakaian lebih awet. Faktanya, cara tersebut hanya digunakan untuk melihat apakah terjadi kebocoran pada tabung.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/demendolan/

Merendam tabung gas dalam air justru menyebabkan korosi terhadap tabung. PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mengungkapkan tanggapannya dalam unggahan yang sama. Pihak Pertamina menyebut bahwa aksi yang dilakukan oleh pedagang tersebut merupakan misinformasi atau tidak akurat.

"Sobat, beredar video di media sosial mengenai tabung gas LPG yang dimasukkan ke dalam air agar awet. Nah, cara tersebut sangat tidak dianjurkan, lho, sobat," tulis akun Instagram @ptpertaminapatraniaga.

Lebih lanjut, pihaknya menegaskan bahwa aksi merendam tabung gas hanya dilakukan untuk memeriksa apakah terjadi kebocoran pada tabung gas atau tidak. Bukan seperti yang banyak beredar bahwa merendam tabung gas membuatnya lebih tahan lama.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network