Lubang Di Tanah Kering Ini Ternyata Berisi Puluhan Ular Jali yang Mirip King Kobra

"Empat orang bapak-bapak berburu ular di tengah hutan bongkar sarang ular"

Viral | 20 March 2023, 04:26
Lubang Di Tanah Kering Ini Ternyata Berisi Puluhan Ular Jali yang Mirip King Kobra

TamanPendidikan.com - Empat orang bapak-bapak tengah berburu ular di tengah hutan. Saat menemukan sebuah gundukan tanah, mereka mencoba peruntungan dengan mencoba menghancurkannya. 

Setelah berhasil memecahkan gundukan tanah itu, barulah terlihat sebuah sarang ular. Sarang ini dihuni oleh ular jali. Terhitung sekitar 7 ekor ular jali hidup di sarang itu, mulai dari ular muda alias anakannya hingga ular indukan.

Video sarang ular jali ini diunggah oleh akun Facebook Kingdom Animalia. Videoberdurasi sekitar tiga menit itu merekam kebernaian keempat bapak-bapak menarik ekor ular jali yang sudah terlihat dari luar lubang tanah.

 TamanPendidikan.com

Kobra1.jpg

"Pak sayangi nyawamu geli lihat nya," kata akaun Facebook Wayan Wayan yang merasa was-was dengan aksi bapak-bapak dalam video yang begitu santai saat memasukkan ular-ular itu dalam ke dalam karung.

"Ular sebyk itu gak takut itu bapak dipatuk apalgi itu ular berbisa sereem bnr🙈," komentar akun Facebook Gemini Geta yang mempertanyakan apakah bapak-bapak dalam video itu memang tidak takut dipatuk ular.

"Banyak amat ularnya. Beraninya," tulis akun Facebook Mirman Seulase'h yang tampak begitu kagum menyaksikan aksi empat bapak-bapak dalam video yang begitu berani menangkap satu keluarga besar ular jali yang bersarang di lubang tanah. 

"Namanya sarang ya pasti bnyk," ujar akun Facebook Beei menanggapi komentar sebelumnya.

Ternyata ular memang sangat menyukai tempat-tempat yang terbuka seperti tanah. Lubang-lubang tanah menjadi sarang bagi ular untuk meletakan telurnya. Maka wajar saja dalam video terlihat beberapa cangkang ular yang sudah kosong karena bayi ular sudah lahir. Seperti yang diungkapkan oleh seorang peneliti biologi LIPI, Amir Hamidy.

TamanPendidikan.com

Kobra2jpg.jpg

"Ular-ular sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap, misalnya lubang-lubang tanah, lubang kayu lapuk, atau di bawah timbunan daun-daun kering,” ujarnya. 

Secara fisik, ular jali memang sering disangka sebagai ular kobra. Padahal kedua jenis ular tersebut sangatlah berbeda. Berbeda dengan kobra yang dapat memiliki panjang tubuh lebih dari 4 meter, ular jali atau ular korros ini dilaporkan hanya mampu mencapai panjang tubuh 2.5 meter. 

Tubuh bagian atasnya berwarna abu-abu, perak, atau kecokelatan, sedangkan sisi badan bagian bawah berwarna kekuningan. 

Bagian ekor ular jali berwarna zaitun dengan tepian sisik berwarna kehitaman. Bagian bawah tubuhnya berwarna kuning pucat. Pada ular jali yang masih muda, biasanya terdapat belang-belang atau bintik-bintik berwarna keputihan di tubuhnya.

Belang atau bintik putih tersebut memudar seiring dengan bertambahnya usianya. Hal itu memang terlihat pada ular jali dalam video. Diduga, ular muda yang masih memiliki belang putih itu adalah ular yang belum lama menetas dari cangkang telur yang tampak berserakan di sekitar sarang ular jali pada video. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network