Mengenal Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia, Dijuluki The Rock

"Dagingnya pun diklaim lebih tebal"

Edukasi | 11 February 2023, 06:48
Mengenal Durian Jumbo 'Lima Jari' Asal Malaysia, Dijuluki The Rock

TamanPendidikan.com - Buah durian selama ini dikenal dengan julukan sebagai the king of fruits atau raja buah. Rasanya yang legit dengan tekstur daging yang sangat lembut membuat buah satu ini dijadikan sebagai buah favorit banyak orang.

Tidak hanya di Tanah Air, buah ini juga terkenal di beberapa negara tropis seperti Malaysia. Malaysia sendiri mempunyai banyak varietas durian, sebut saja Musang King, Jin Feng, XO, D24 dan Black Thorn. Belum lama ini, negeri jiran itu juga berhasil membudidayakan jenis durian baru.

Varietas durian baru itu biasa disebut dengan durian 'lima jari' dan tak sedikit yang menyebutnya sebagai durian The Rock. Sebelumnya, durian jenis Musang King yang diklaim sebagai durian dengan varietas rasa terenak dan tekstur super lembut.

TamanPendidikan.com

ilutsrasi / Sumber: bibitmantap.com

Namun, belakangan posisi Durian Musang King yang menemapati peringkat pertama sebagai durian terlezat digantikan oleh Durian Lima Jari atau The Rock ini. Ya. Durian The Rock diberi label sebagai durian premium dalam kompetisi "Durian Unggul" yang didakan di Johor, Malaysia pada Juni tahun lalu.

1. Pemberian Nama 'Lima Jari' / The Rock

Kita pastinya tak asing dengan salah satu aktor laga Dwayne Johnson alias The Rock. Aktor yang sebelumnya dikenal sebagai pegulat dengan gaya lima jari kepada lawan itulah yang menjadi inspirasi pemberian nama durian jenis baru ini.

Selain legit, ukuran buah durian The Rock ini terbilang jumbo. Jika rata-rata durian sejenisnya hanya berkisar 1-2 kg, durian ini bisa dua kalinya, yakni 3-4 kg. Rasanya pun diklaim lebih enak dari durian lain sejenisnya.

2. Berasal Dari Distrik Jasin

Banyak yang mengira jika durian The Rock ini merupakan impor dari Thailand. Namun menurut Ketua Komite Industri, Pengembangan Usaha, Koperasi dan Industri Berbasis Agro, Norhizan Hassan Baktae, durian ini dibudidayakan oleh orang-orang Melaka dan asli distrik Jasin.

TamanPendidikan.com

ilustrasi / Sumber: @joeylee

Durian itu tumbuh di wilayah Johor, Malaysia. Durian yang ditanam oleh Mad Zin itu berhasil menduduki urutan teratas kompetisi Durian Unggul di Johor Agriculture Expo and Fruit Fair 2019 pada 28 Juni lalu.

3. Rasanya Bisa Diadu dengan Musang King dan Daging Lebih Tebal

Melansir Asia One, jika durian premium The Rock ini memilik rasa yang agak pahit serta memiliki tekstur daging yang agak creamy. Berbeda pada durian pada umumnya.

Meski demikian, warga setempat sampai saat ini malah menggemari durian The Rock ini daripada Musang King yang sempat jadi favorit sebelumnya. Daging durian The Rock ini juga diklaim memiliki daging yang lebih banyak dan tebal dari jenis lainnya.

TamanPendidikan.com

daging durian The Rock / Sumber" @joeylee

Tak ada salahnya jika anda kebetulan bertandang ke Negeri Jiran itu untuk menjajal kuliner durian The Rock ini. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network