Jelaskan Pengertian Ukhuwah Islamiyah, Ketahui Syarat, Manfaat, dan Contohnya

"Perhatikan ulasannya di bawah ini!"

Secara umum, pengertian ukhuwah islamiyah adalah konsep persaudaraan atau hubungan antar sesama umat Islam serta dijalani dengan dasar akidah dalam bentuk persahabatan.

Ukhuwah islamiyah bertujuan untuk membangun kerukunan sesama umat muslim. Lebih dari itu, ukhuwah islamiyah adalah suatu hal yang tak hanya mampu mendekatkan sesama manusia, tetapi juga sebagai bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Agar lebih memahami apa arti ukhuwah islamiyah sesungguhnya, perhatikan penjelasan mengenai ukhuwah islamiyah di bawah ini.

Ayat Tentang Ukhuwah Islamiyah

Q.S. Ali Imran Ayat 103

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Artinya:

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah kamu akan nikmat Allah kepadamu, ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah akan mempersatukan kamu lalu menjadikan kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk."

Q.S. Al-Hujurat Ayat 10

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya:

"Sesungguhnya orang-orang Mukmin bersaudara, karena itu lakukanlah ishlah di antara kedua saudaramu."

Q.S. Al-Maidah Ayat 48

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Artinya:

"Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan."

Syarat Menegakkan Ukhuwah Islamiyah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk menegakkan ukhuwah, syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sebaiknya ukhuwah tersebut diiringi dengan bimbingan Islam.
2. Sebaiknya ukhuwah tersebut dijalankan sesuai bimbingan Islam.
3. Sebaiknya ukhuwah tersebut dilandasi keikhlasan karena Allah SWT.
4. Sebaiknya ukhuwah tersebut dibangun berdasar Al-Qur'an serta Sunah Rasulullah SAW.

Manfaat Ukhuwah Islamiyah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa manfaat adanya sebuah ukhuwah islamiyah yang dapat kita petik, antara lain:

1. Akan mendapat perlindungan dari Allah SWT.
2. Akan menciptakan akhlak yang mulia.
3. Memperkuat kekuatan umat muslim.
4. Merasakan nikmatnya iman.

Contoh Ukhuwah Islamiyah

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa contoh ukhuwah islamiyah dalam kehidupan sehari-hari berikut ini:

1. Menjaga silaturahmi antar tetangga.
2. Ikut andil dalam melakukan donasi.
3. Saling menghormati.
4. Berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.
5. Menjenguk saudara yang sedang sakit.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network