Jelaskan Pengertian Masyarakat, Berikut Ciri, Unsur, serta Jenisnya

"Simak penjelasannya di bawah ini!"

Masyarakat berasal dari bahasa Arab, yaitu musyarak yang artinya hubungan atau interaksi. Jadi, dapat didefinisikan bahwa masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup bersama-sama di suatu tempat dan saling berinteraksi dalam komunitas yang teratur.

Pendapat lain mengatakan masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup secara bersama-sama di suatu wilayah dan membentuk sebuah sistem, baik semi terbuka maupun semi tertutup, di mana interaksi yang terjadi di dalamnya adalah antara individu-individu yang ada di kelompok tersebut.

Sementara itu seorang ahli antropologi dari Indonesia, Koentjaraningrat mengatakan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang saling bergaul, atau dengan istilah ilmiah, saling berinteraksi.

Banyak hal menarik yang dapat kita bahas, baik ciri, unsur, sampai apa saja jenis dari masyarakat. Untuk itu, mari simak ulasan di bawah ini.

Definisi Masyarakat Menurut Para Ahli

Soerjono Soekanto

Masyarakat adalah sistem hidup bersama yang memunculkan kebudayaan dan keterikatan satu sama lain, di mana berbagai pola tingkah laku yang khas menjadi pengikat satu kesatuan manusia dan bersifat berkelanjutan.

Selo Sumarjan

Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

Karl Marx

Masyarakat adalah suatu struktur yang mengalami ketegangan organisasasi maupun perkembangan akibat adanya pertentangan antar kelompok yang dibedakan kepentingannya secara ekonomi.

Emile Durkheim

Masyarakat adalah kenyataan objektif dari pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

Ralph Linton

Masyarakat adalah kelompok manusia yang hidup dan bekerja sama dalam waktu cukup lama dan mampu menciptakan keteraturan dalam kehidupan bersama, serta mereka menganggap kelompoknya sebagai sebuah kesatuan sosial.

Paul B. Horton

Masyarakat adalah kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama dalam waktu yang relatif lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan yang sama, serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok tersebut.

Dannerius Sinaga

Masyarakat adalah orang yang menempati suatu wilayah baik langsung maupun tidak langsung yang saling berhubungan sebagai usaha pemenuhan kebutuhan.

Ciri Masyarakat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Agar dikatakan menjadi masyarakat ada beberapa ciri yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Ada pemimpin.
2. Berada di wilayah tertentu.
3. Hidup secara berkelompok.
4. Terdapat suatu kebudayaan dalam kelompok tersebut.
5. Terjadi interaksi sosial.

Unsur Masyarakat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah unsur-unsur terbentuknya suatu masyarakat yang bisa kita pahami, yakni:

1. Memiliki anggota paling sedikit dua orang atau lebih.
2. Seluruh anggota sadar sebagai satu kesatuan.
3. Berhubungan dalam waktu yang cukup lama.
4. Menghasilkan individu baru yang saling berkomunikasi dan membuat aturan-aturan hubungan antaranggota masyarakat.
5. Menjadi sistem hidup bersama yang memunculkan kebudayaan dan keterkaitan satu sama lain sebagai anggota masyarakat.

Jenis Masyarakat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Terdapat dua jenis masyarakat yang perlu kita ketahui, yakni masyarakat modern dan tradisional, berikut adalah penjelasannya:

1. Masyarakat Modern

Masyarakat modern adalah masyarakat yang sudah tidak terikat dengan adat istiadat. Masyarakat modern lebih condong mengadopsi nilai-nilai baru yang lebih rasional dalam membawa kemajuan.

2. Masyarakat Tradisional

Masyarakat tradisional adalah masyarakat yang masih terikat dengan kebiasaan atau adat-istiadat yang telah turun temurun.

Kehidupan masyarakat tradisional belum dipengaruhi oleh perubahan-perubahan yang berasal dari luar lingkungan sosialnya.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network