Jelaskan Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Berikut Perkembangan, Jenis, dan Perannya dalam Kehidupan

"Di era sekarang, kita tidak akan bisa hidup tanpa adanya teknologi dan informasi. Pelajari selengkapnya."

Teknologi mempunyai beberapa pengertian. Para pakar memiliki argumen masing-masing dalam mendefinisikan teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, techne yang berarti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’.

Teknologi dalam pengertian yang sempit mengacu pada obyek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras.

Pihak lain berpendapat bahwa teknologi adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.

Pendapat tersebut mengutamakan proses belajar itu sendiri disamping alat-alat yang dapat membantu proses belajar itu.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan memproses, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Wawan Wardiana menyatakan bahwa teknologi informasi dan komunikasi juga dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Kemendikbud

Pengertian TIK menurut Kemendikbud adalah teknologi informasi dan komunikasi yang membuat semua teknologi yang akan berhubungan dengan penanganan sebuah informasi.

2. Puskur Dinas Indonesia

Pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu bentuk yang tidak bisa dipisahkan. Serta memiliki kandungan makna yang luas, mengenai semua kegiatan.

Kegiatan yang dimaksud adalah yang dikaitkan dengan seluruh kegiatan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan saat transfer atau memindahkan informasi dari satu media ke media lain.

3. Kamus Oxford (1995)

Dalam kamus Oxford, pengertian TIK adalah sebuah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama computer yang digunakan untuk beberapa hal.

Seperti menyimpan, menganalisis, serta mendistribusikan semua informasi. Informasi yang diolah bisa mengenai apa saja, termasuk kata-kata, angka atau bilangan, dan gambar-gambar.

4. UNESCO

Pengertian TIK menurut UNESCO adakah perangkat teknologi serta sumber daya yang beragam. Hal-hal tersebut digunakan untuk mengirimkan, menyimpan, membuat dan berbagi, atau untuk bertukar informasi.

5. Lucas (2000)

Pengertian TIK menurut Lucas adalah semua bentuk teknologi yang dapat diterapkan. Gunanya untuk mengirimkan suatu informasi melalui media-media elektronik.


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Menurut Alvin Toffler, menjelaskan perkembangan TIK melalui tiga gelombang. Gelombang pertama timbul dalam bentuk teknologi pertanian, teknologi ini telah berlangsung ribuan tahun, bahkan masih banyak para masyarakat kita yang belum mengambil atau menerapkan manfaatnya. Contohnya, penggunaan traktor untuk mengolah lahan pertanian.

Gelombang kedua ialah teknologi industri yang hanya berlangsung dalam 300 tahun saja. Teknologi industri merupakan alatalat atau mesin di pabrik yang digunakan sebagai pengganti “otot‟  manusia, seperti penggunaan mesin di pabrik. Gelombang ketiga ialah revolusi teknologi elektronik dan informatik seperti saat ini.

Jenis-Jenis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ruang lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu:

1) Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Coline Rose menyatakan bahwa teknologi informasi bukan hanya menjadikan informasi dapat kita akses setiap waktu, ia juga menjadikan kita dapat diakses oleh informasi.

2) Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke lainnya.

Beberapa macam teknologi informasi maupun teknologi komunikasi akan dipaparkan sebagai berikut:

a. Komputer

Komputer adalah mesin elektronik yang yang cepat dan dapat menerimana informasi dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Komputer adalah perangkat berupa hardware dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.

b. Internet

Internet singkatan dari interconnection and networking adalah jaringan informasi global. Internet diluncurkan pertama kali oleh J.C.R. Licklider pada Agustus 1962.

Internet merupakan perpustakaan dunia karena di dalam internet terdapat miliaran sumber informasi, sehingga kita dapat menggunakan informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

c. Laptop/Notebook

Laptop/notebook adalah perangkat canggih yang fungsinya sama dengan komputer, tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan dibawa kemana-mana.

Laptop/ Notebook adalah perangkat canggih yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat dilihat dan dibawa kemana-mana karena bobotnya ringan, bentuknya ramping dan daya listriknya menggunakan baterai charger, sehingga bisa digunakan tanpa harus mencolokkan ke steker.

d. Deskbook

Deskbook adalah perangkat sejenis komputer dengan bentuknya yang jauh lebih praktis, yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan di atas meja tanpa memakan banyak tempat.

Deskbook adalah perangkat sejenis komputer dengan bentuknya jauh lebih praktis yaitu CPU menyatu dengan monitor sehingga mudah diletakkan di atas meja tanpa memakan banyak tempat.

Namun, alat ini masih menggunakan sumber listrik steker karena belum dilengkapi bateri charger.

e. Personal Digital Assistant (PDA)

PDA adalah perangkat sejenis komputer, tetapi bentuknya sangat mini sehingga dapat dimasukkan dalam saku. Walaupun begitu, fungsinya hampir sama dengan komputer pribadi yang dapat mengolah data.

f. Kamus Elektronik

Kamus elektronik adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menerjemahkan antar bahasa.

g. MP4 Player

MP4 Player adalah perangkat yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video, musik dan game.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peran teknologi informasi dan komunikasi s dapat dikatakan mencakup seluruh bidang kehidupan. Berikut ini adalah beberapa contoh peran TIK di berbagai bidang kehidupan:

1. Bidang Ekonomi

Teknologi informasi dan komunikasi memang berperan penting di bidang ekonomi. Bidang ekonomi mengalami perkembangan yang pesat berkat adanya TIK. Berikut ini adalah contoh peran TIK dalam bidang ekonomi:

      a. Electronic Commerce (E-commerce)
      b. Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
      c. SMS Banking.

2. Bidang pendidikan

Selain bidang ekonomi, bidang pendidikan juga mengalami perkembangan. Semua itu berkat peran TIK di dalamnya.

Bidang pendidikan jadi bisa mengalami sebuah inovasi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

      a. Perpustakaan Online (Digital Library)
      b. Buku Sekolah Elektronik (E-book)
     c. Kelas Online (E-learning)

3. Bidang Pemerintahan

Rupanya pemerintah juga mengetahui bahwa masyarakatnya sudah semakin maju dalam hal teknologi. Selain itu, mengingat juga bahwa penggunaan media sosial masyarakat juga sangat tinggi. 

Hal itu karena adanya perkembangan TIK. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah juga membuat layanan yang di dalamnya terdapat peran TIK. Di antaranya adalah sebagai berikut:

      a. Electronic Government (E-government)
      b. Hasil Pemilihan Umum.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network