Jelaskan Pengertian Ilmu dan Menuntut Ilmu, Berikut Hukum, Tujuan, Adab, dan Manfaatnya

"Penjelasan Lengkap Mengenai Ilmu dan Menuntut Ilmu."

Pengertian Ilmu

Secara etimologi, kata ilmu berasal dari bahasa Arab, bentuk maṣdar dari kata `alima-ya`lamu-`ilman, dengan wazan (timbangan) fa`ila-yaf`alu-fi`lan, yang berarti pengetahuan.

Secara terminologi, ilmu adalah pengetahuan tertentu tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang pengetahuan itu.

Ilmu juga dapat dipahami sebagai pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin dan sebagainya.

Contohnya adalah ilmu akhirat yang berarti pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan di akhirat atau yang berhubungan dengan kehidupan setelah manusia mati, ilmu akhlak yang berarti pengetahuan tentang tabiat manusia.

Pengertian Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah belajar atau mencari ilmu. Ilmu dalam pandangan Islam adalah suatu abstraksi yang dapat menyingkap (obyek) dengan jelas yang didalamnya tidak mengandung keraguan dan kemungkinan untuk keliru, melainkan memiliki keyakinan akan kebenaran.

Ilmu dunia berfungsi untuk memudahkan dalam hidup di dunia, sedangkan untuk ilmu akhirat sendiri dicari agar manusia dapat memiliki tuntutan serta tidak tersesat dalam sebuah kebatilan.

Karena dalam manusia sejatinya tujuan akhirnya yaitu akhirat, serta untuk bisa mendapatkan akhirat tentu perlu harus belajar dalam ilmu agama.

Hukum Menuntut Ilmu

Berikut ini beberapa hukum menuntut ilmu-ilmu yang wajib seperti dilansir pada halaman kemdikbud.go.id:

1. Fardu Kifayah

Hukum fardhu kifayah ini berlaku pada ilmu yang perlu ada pada kalangan umat Islam, agar tidak hanya kaum di luar Islam yang dapat menguasai ilmu tersebut. 

Misalnya seperti ilmu kedokteran, ilmu falaq, perindustrian, ilmu bahasa, ilmu komunikasi, ilmu nuklir, ilmu komputer, serta lainnya.

2. Fardu ‘Ain

Hukum ini akan berlaku bila ilmu yang dimaksud dilarang untuk ditinggalkan oleh para umat Islam pada segala situasi serta kondisi.

Sebagai contohnya, ilmu agama Islam, ilmu dalam mengenal Allah Subhanahu wata’ala dengan seluruh sifat-Nya, serta ilmu tata cara beribadah, serta yang terkait pada kewajiban sebagai muslim.

Tujuan Menuntut Ilmu

Saat menunut ilmu, tentu seseorang memiliki tujuan yang jelas. Berikut akan disebutkan beberapa tujuan dari kegiatan menuntut ilmu:

1. Mengurangi kekurangan yang dimiliki oleh orang tersebut.
2. Menjadikan orang tersebut menjadi pribadi yang lebih berkualitas.
3. Mengamalkannya untuk orang lain dan bisa bermanfaat untuk semua orang yang mendengarnya.

Adab Menuntut Ilmu

Ada beberapa adab yang harus diperhatikan saat menuntut ilmu agar ilmu tersebut bisa menjadi berkah;

1. Niat Lillahi Ta’ala
Disaat kita hendak untuk menuntut sebuah ilmu, niat utama kita harus karena Allah.

2. Bersungguh-Sungguh Dalam Menuntut Ilmu

Ketika dalam menuntut ilmu hendaknya kita bisa bersungguh-sungguh serta selalu antusias untuk bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Tuntutlah atas ilmu seolah-olah tidak pernah kenyang atas seluruh ilmu yang didapatkan, hendaknya kita selalu berkeinginan terus untuk bisa menambah ilmu kita.

3. Menjauhi Maksiat

Agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta penuh berkah, kita harus menjauhkan diri dari maksiat, karena maksiatlah yang akan membuat otak kita menjadi sulit untuk bisa berkonsentrasi sehingga ilmu yang kita tangkap ini akan sulit dipahami.

4. Jangan Sombong Ketika Menuntut Ilmu

Bila ingin mendapatkan sebuah ilmu yang bermanfaat, sebaik nya kita perlu rendah hati. Jangan merasa sombong apabila kita sudah merasa cukup dengan semua ilmu yang sudah kita miliki.

5. Memperhatikan Guru Ketika Menuntut Ilmu

Menyimak dari ajaran guru maupun seseorang yang sedang mengajarkan ilmu kepada kita menjadi sebuah adab dalam menuntut ilmu.

Jangan berbicara maupun melakukan hal lain yang tidak berhubungan sama sekali dengan alur pelajaran yang disampaikan ketika menuntut ilmu, maksudnya kita perlu fokus mendengarkan serta menyimak.

Manfaat Menuntut Ilmu

Terdapat berbagai manfaat yang akan didapatkan oleh seseorang saat menuntut ilmu. Berikut ini pemaparannya; 

• Seseorang yang menuntut ilmu akan ditinggikan derajatnya.
• Pengetahuan menjadi lebih luas dan bisa berpikiran lebih terbuka.
• Ilmu yang dipelajari bisa bermanfaat untuk banyak orang.
• Bisa dijadikan bekal untuk hidup di dunia serta akhirat nanti.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network