Jelaskan Pengertian Pemasaran, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya

"Perhatikan penjelasan tentang pemasaran berikut ini!"

Melly Drum mengartikan bahwa pemasaran adalah sebuah proses bisnis yang mengusahakan keselarasan di antara beberapa hal. Hal tersebut antara lain SDM atau sumber daya manusia, finansial dan juga fisik organisasi. Penyesuaian dilakukan dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan di dalam konteks strategi kompetitif.

Kemudian, Kotler menjelaskan bahwa pemasaran adalah sebuah proses sosial dan manajerial. Dimana di dalamnya terdapat individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan serta inginkan. Caranya adalah dengan menciptakan, menawarkan serta menukarkan sebuah produk yang memiliki nilai dengan pihak lain.

Sedangkan, William J. Stanton mengatakan bahwa pemasaran adalah sebuah sistem total. Sistem total tersebut berasal dari kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis tersebut dirancang untuk merencanakan, menentukan sebuah harga, memberikan sebuah promosi, serta mendistribusikan barang yang akan memuaskan keinginan juga jasa baik pada konsumen terdaftar maupun konsumen potensial.

Tujuan Pemasaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa tujuan dari pemasaran yang perlu diketahui, antara lain:

1. Agar perusahaan mampu beradaptasi dengan trend yang baru.
2. Kegiatan untuk mengembangkan kemampuan bisnis.
3. Digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran.
4. Acuan bagi tim pemasaran untuk meningkatkan kualitas koordinasi.
5. Sebagai dasar pemikiran untuk mengambil sebuah keputusan pemasaran.

Jenis Pemasaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa jenis dari pemasaran yang perlu diketahui, antara lain:

1. MLM

Multi Level Marketing (MLM) merupakan salah satu bentuk penjualan yang dilakukan secara langsung. MLM akan melibatkan banyak orang, dimana perusahaan akan merekrut serta menjual berbagai produk yang mereka miliki.

2. Online

Media online merupakan salah satu media pemasaran yang sangat familiar di masa kini. Hampir semua orang tentu menggunakan media online. Hal tersebut akan membuat pasarnya menjadi sangat luas.

3. Iklan Siaran

Iklan siaran umumnya akan menggunakan radio. Penggunaan radio sebagai sebuah media pemasaran adalah salah satu jenis bentuk iklan berbayar yang cukup umum.

4. Branding

Branding adalah salah satu jenis pemasaran yang biasa dilakukan oleh seseorang. Fungsi dari branding ini adalah sebagai iklan untuk jangka panjang.

Fungsi Pemasaran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa fungsi dari pemasaran yang perlu diketahui, antara lain:

1. Pengenalan produk.
2. Meningkatkan penjualan.
3. Sarana kompetisi dengan kompetitor.
4. Sarana riset


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network