Jelaskan Pengertian Patriotisme, Berikut Ciri-Ciri, Contoh, dan Bentuk Orang yang Memiliki Sikap Patriotik

"Semoga artikel ini bisa menambah rasa patriotisme kita kepada negara kesatuan Republik Indonesia."

Patriotisme berasal dari kata Patriot, yang artinya pencintaan dan pembela tanah air. Patriotisme adalah semangat cinta tanah air.

Pengertian Patriotisme adalah sikap untuk selalu mencintai atau membela tanah air, seorang pejuang sejati, pejuang bangsa yang mempunyai semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, dimana ia rela mengorbankan segala-galanya termasuk jiwanya demi kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran tanah air.

Menurut Suprapto dkk. (2007) menyatakan bahwa patriotisme adalah semangat cinta tanah air atau sikap seseorang yang rela mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.

Sedangkan menurut Bakry (2010:144) patriotisme adalah sekelompok manusia yang menghuni bumi Indonesia wajib bersatu, mencintai sungguh-sungguh, rela berkorban membela tanah air Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Jadi patriotisme adalah sekelompok manusia yang berada di negara indonesia yang wajib bersatu, mencintai sungguh-sungguh negara indonesia, sikap yang bersumber dari perasaan cinta pada tanah air sehingga menimbulkan rela berkorban membela tanah air untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.

Ciri Patriotisme

Menurut Mangunhardjana (1985:33) menyebutkan beberapa ciri patriotisme yang sejati, yaitu:

1. Membuat kita mampu mencintai bangsa dan negara sendiri, tanpa menjadikannya sebagai tujuan untuk dirinya sendiri melainkan menciptakannya menjadi suatu bentuk solidaritas untuk mencapai kesejahteraan masing-masing dan bersama seluruh warga bangsa dan negara. Patriotisme sejati adalah solider secara bertanggung jawab atas seluruh bangsa.

2. Berani melihat diri sendiri seperti apa adanya dengan segala plusminusnya, unsur positif negatifnya, dan menerimanya dengan lapang hati.

3. Memandang bangsa dalam perspektif historis, masa lampau masa kini, dan masa depan. Patriotisme sejati adalah bermodalkan nilai-nilai dan budaya rohani bangsa, berjuang dulu masa kini, menuju cita-cita yang ditetapkan.

4. Melihat, menerima, dan mengembangkan watak kepribadian bangsa sendiri. Patriotisme sejati adalah rasa memiliki identitas diri.

5. Melihat bangsanya dalam konteks hidup dunia, mau terlibat didalamnya dan bersedia belajar dari bangsa-bangsa lain. Patriotisme bersifat terbuka.

Contoh Patriotisme

Dalam buku 'Pendidikan Kewarganegaraan' terbitan Penerbit Erlangga, contoh mewujudkan rasa patriotisme adalah menegakkan hukum dan kebenaran, memberantas kemiskinan atau meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Pengertian patriotisme juga bisa diwujudkan dengan mengikuti upacara hari kenegaraan, mengikuti kegiatan bakti sosial hingga mengapresiasi seni budaya Tanah Air.

Ciri-Ciri Seseorang Yang Memiliki Sikap Dan Perilaku Patriotik

Seseorang yang memiliki sikap dan perilaku patriotik ditandai oleh adanya hal-hal sebagai berikut: 

1) Rasa cinta pada tanah air 
2) Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara 
3) Menempatkan persatuan, kesatuan, serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan 
4) Berjiwa pembaharu 
5) Tidak mudah menyerah.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network