Jelaskan Pengertian Seni, Berikut Macam-Macam, Aliran, dan Fungsinya

"Belajar Seni Lebih Dalam."

Kata seni tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Seni biasanya identik dengan pertunjukkan yang menghasilkan hiburan.

Sejak usia dini, kalian pasti sudah diajarkan tentang seni. Namun, apa sih definisi sesungguhnya dari seni? Begini penjelasannya.

Sebagai istilah seni memiliki dua pengertian, yaitu: a) seni berarti kecil, tipis, dan halus, dan b) suatu hasil karya yang indah. Dalam bahasa inggris disebut art, berasal dari akar kata ‘ar’ (Yunani) berarti menyesuaikan, menyambung.

Oleh karena itulah pada umumnya pengertian kedualah yang lebih popular, lebih banyak digunakan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bidang akademis.

Aristoteles mengatakan, seni adalah bentuk yang penampilannya serta pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan.

Selain itu dikatakan juga seni adalah meniru alam. Menurut Ki Hajar Dewantara pengertian seni merupakan hasil keindahan sehingga bisa menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seni adalah hasil ungkapan rasa keindahan, kebahagiaan, kesedihan, yang wujudnya dapat berupa lukisan, gambar, patung, dan sebagainya.

Macam-Macam Aliran Seni

Melansir dari buku "Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Usia Dini" oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa, M.Pd dan Pertiwi Kamariah Hasis, M.Pd, ada beberapa macam aliran seni, diantaranya:

1. Klasisisme, biasa juga disebut dengan neoklasisme, yaitu aliran seni rupa dalam bentuk bangunan, tata ruang, dan sastra yang mengacu pada bentuk yang antik atau klasik abad ke-18.

2. Naturalisme, merupakan aliran seni yang berupaya menerapkan pandangan jujur, akurat, dan mirip agar tampat natural.

3. Realisme merupakan aliran seni yang mengangkat peristiwa yang terjadi di kehidupan sehari-hari banyak orang atau masyarakat luas.

4. Ekspresionisme, adalah aliran seni yang mengutamakan pengungkapan jiwa seniman pada sebuah ciptaan, bukan dari peniruan alam dunia.

5. Impresionisme, merupakan aliran seni yang mendasarkan penciptaan karya dari apa yang dihayati dan dilihat berdasarkan pencahayaan dan proses terjadinya warna.

Macam-Macam Seni

Setelah kalian mengetahui tentang aliran seni. Kali ini akan dibahas terkait macam-macam seni yang terdiri dari seni rupa, seni musik, seni teater, seni tari, dan seni sastra. Berikut penjabarannya:

1. Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang kesenian yang memiliki hasil wujud pasti dan memanfaatkan unsur rupa yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

2. Seni Teater

Seni teater mencakup bagaimana seseorang memerankan suatu karakter. Selain itu, dalam seni ini dibutuhkan juga keahlian menulis naskah/script dan juga membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam menggeluti seni teater.

3. Seni Musik

Dalam seni musik, bunyi merupakan unsur utamanya. Namun, bunyi tersebut harus terdengar indah di telinga manusia. Seni musik tumbuh dan berkembang sejak zaman Renaissance sampai saat ini.

4. Seni Tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai suatu keindahan. Gerak dalam tari berfungsi sebagai media mengkomunikasikan maksud-maksud tertentu dari koreogragfer. Keindahan tari terletak pada kebahagian, kepuasaan, baik itu dari koreografer, peraga dan penikmat atau penonton.

5. Seni Sastra

Seni sastra menggambarkan keindahan makna dalam bentuk kata-kata yang telah disusun. Daya kreasi seni ini bisa dinikmati secara visual. Contoh paling bagus adalah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

Fungsi Seni

Seni memiliki beberapa fungsi bagi kehidupan manusia, berikut beberapa fungsi utama seni antara lain:

a. Fungsi Kebutuhan Emosional

Semua orang memiliki pengalaman hidupnya masing-masing. Berdasarkan pengalaman tersebut, setiap manusia pasti memiliki keberagaman sifat. Untuk memenuhi kebutuhan emosional manusia memerlukan dorongan dari luar dirinya yang sifatnya menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya.

Contoh, ada seseorang yang stress karena pekerjaan ataupun hal lainnya. Untuk itu, orang tersebut membutuhkan rekreasi atau konsultasi dengan psikiater untuk mengekspresikan perasaan emosionalnya.

b. Fungsi Pendidikan

Fungsi seni dalam pendidikan bisa dilihat dari musik. Seperti yang kita ketahui, karya-karya seni untuk pelajaran/pendidikan seperti gambar ilustrasi buku pelajaran, poster, alat peraga IPA, dan film ilmiah/dokumentar.

c. Fungsi Seni untuk Hiburan

Fungsi utama seni sebenarnya adalah untuk memberi hiburan kepada masyarakat atau penonton untuk melepas kepenatannya saat melakukan aktivitas sehari-hari.

d. Fungsi Komunikasi

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa hubungannya seni dan komunikasi?. Jawabannya adalah sangat berkaitan. Karena, seni juga bisa digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan atau mengkritik keputusan dari pemerintah. Contoh, pagelaran wayang kulit, teater, dan poster.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network