Jelaskan Pengertian Iman Kepada Hari Akhir, Berikut Dalil, Proses, dan Hikmahnya

"Beriman Kepada Hari Akhir Wajib Hukumnya Bagi Umat Muslim. Simak Penjelasan Lengkapnya."

Agama Islam mewajibkan umatnya untuk iman kepada hari akhir, dan iman kepada hari akhir adalah rukun iman yang ke-6.

Dilansir dari NU online, iman kepada hari akhir berarti meyakini adanya hari selanjutnya di  akhirat nanti. Hari akhir merupakan masa di mana semua makhluk hidup mati dan semua benda akan rusak dan musnah.

Setelah itu, semua manusia akan dibangkitkan dari alam kuburnya untuk dihitung atau ditimbang amal baik dengan amal buruk yang manusia buat selama hidup di dunia. Selanjutnya, manusia diberi ganjaran sesuai dengan amal dan perbuatannya. Balasan tersebut nantinya berupa surga dan neraka.

Adapun Dalil Tentang Hari Akhir

Ada beberapa surah di Al-qur'an yang membahas tentang hari akhir atau hari kiamat, di antaranya seperti disebutkan berikut ini.

Allah SWT berfirman:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيۡبَ فِيۡهَا ۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَـبۡعَثُ مَنۡ فِى الۡقُبُوۡرِ‏

Wa annas Saa'ata aatiya tul laa raiba fiiha wa annal laaha yab'asuman fil qubuur

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS. Al-Hajj: 7).

Kemudian juga tertera dalam surah ini:

اَلۡقَارِعَةُ, مَا الۡقَارِعَةُ, وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الۡقَارِعَةُ, يَوۡمَ يَكُوۡنُ النَّاسُ كَالۡفَرَاشِ الۡمَبۡثُوۡثِۙ‏, وَتَكُوۡنُ الۡجِبَالُ كَالۡعِهۡنِ الۡمَنۡفُوۡشِؕ

Al qoori'ah; Mal qooriah, Wa maa adraaka mal qoori'ah, Yauma ya kuunun naasu kal farashil mabtsuuth, Wa ta kuunul jibalu kal 'ihnil manfuush

Yang artinya: "Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan". (QS. Al-Qari'ah: 1-5).

Serta disebutkan dalam ayat berikut:

وَيَوۡمَ يُنۡفَخُ فِىۡ الصُّوۡرِ فَفَزِعَ مَنۡ فِىۡ السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا مَنۡ شَآءَ اللّٰهُ‌ؕ وَكُلٌّ اَتَوۡهُ دٰخِرِيۡنَ

Wa Yawma yunfakhu fis Suuri fafazi'a man fis samaawaati wa man fil ardi illaa man shaaa'al laah; wa kullun atawhu daakhiriin.

Artinya: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri". (QS. An-Naml: 87).

Sebenarnya masih banyak lagi ayat Al-Qur’an yang membahas mengenai iman kepada hari akhir. Yang pasti, semua muslim wajib mempercayai adanya hari akhir untuk selalu mengingatkan mereka agar terus berbuat baik di dunia.

Proses Terjadinya Hari Akhir atau Hari Kiamat

Contoh paling bagus dalam mengimani hari akhir bisa dilalukan dengan cara berdoa agar selamat di akhirat. Namun, itu saja tidak cukup, manusia juga harus bertanggung jawab atas setiap perilaku yang dilakukan di dunia.

Dalam Quran surat Al-Anbiya ayat 104, Allah SWT berfirman proses terjadinya hari akhir kiamat. Allah SWT akan menggulung gunung layaknya sebuah lembaran kertas.

Arab: يَوْمَ نَطْوِى السَّمَاۤءَ كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِۗ كَمَا بَدَأْنَآ اَوَّلَ خَلْقٍ نُّعِيْدُهٗۗ وَعْدًا عَلَيْنَاۗ اِنَّا كُنَّا فٰعِلِيْنَ

Latin: yauma naṭwis-samā`a kaṭayyis-sijilli lil-kutub, kamā bada`nā awwala khalqin nu'īduh, wa'dan 'alainā, innā kunnā fā'ilīn

Artinya: (Ingatlah) pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. (Suatu) janji yang pasti Kami tepati; sungguh, Kami akan melaksanakannya.


Hikmah Beriman kepada Hari Akhir

Dengan beriman kepada hari akhir, maka berikut hikmah yang akan didapatkan oleh umat muslim, antara lain: 

1. Umat muslim menyadari bahwa semua makhluk dan benda yang ada di dunia ini akan musnah. Sebab, kehidupan yang abadi hanyalah di akhirat. 

2. Umat muslim menyadari bahwa apapun yang dilakukan manusia selama hidupnya di dunia, entah itu baik atau buruk akan menerima balasan dari Allah SWT. 

3. Iman kepada hari akhir dapat meningkatkan sikap disiplin dalam beribadah kepada-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. 

4. Dapat memberi ketenangan dan ketentraman hidup. Karena dengan kepasrahan, dan kesabaran serta keyakinan bahwa kebaikan dibalas dengan kenikmatan dan kejahatan akan dibalas dengan azab.
 
5. Menjadi pengingat agar umat muslim bisa mengendalikan diri untuk tidak mudah terpengaruh dengan kenikmatan dunia dan lebih mengutamakan kepentingan akhirat.

Itulah tadi pembahasan tentang beriman kepada hari akhir. Semoga artikel ini dapat menjadi pengingat bagi kita, khususnya umat muslim untuk selalu berbuat kebaikan di dunia.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network