Tebar Jala di Sungai Warga Dapat Ikan Aligator Ini Viral, Warganet Sebut Berbahaya

"Video berdurasi singkat tersebut menunjukkan kepala seekor ikan dengan mulut terbuka yang tampak menyerupai buaya sehingga disebut sebagai ikan aligator."

Baru-baru ini sebuah video unggahan @apih_gemoy yang menampilkan seekor ikan aligator kembali menggegerkan jagat TikTok. Video berdurasi singkat tersebut menunjukkan kepala seekor ikan dengan mulut terbuka yang tampak menyerupai buaya sehingga disebut sebagai ikan aligator.

Moncong dengan gigi runcing yang terlihat tersebut membuat warganet menyebutnya sebagai ikan yang berbahaya. Warganet pun memberikan berbagai respon pada kolom komentar.

"Aligator gar, ikan asli sungai Amazon, kalo ada di Indo berarti ada oknum yang nyemplungin ke sungai karena capek ngasi makan kayaknya om,"
komentar akun @boy.pratama.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@apih_gemoy/video/7091455746184957211?_t=8TygybbhBth&_r=1

"Ikan aligator (aligator gar) merupakan ikan berbahaya karena memiliki sifat invasif. Ikan ganas ini dapat tumbuh dengan cepat dan mengancam satwa endemik," tulis akun @cek.ini.

"Jauh bet merantau dari Amazon ke Indo ikannya," komentar akun @lzrdi.

Berbicara mengenai ikan Aligator (aligator gar), ikan ini merupakan satwa ganas yang dapat mengancam suatu ekosistem yang telah terbentuk. Karenanya, spesies ini dan beberapa jenis lainnya dilarang diperdagangkan, dipelihara, atau dilepasliarkan di Indonesia.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@apih_gemoy/video/7091455746184957211?_t=8TygybbhBth&_r=1

Ikan dengan nama ilmiah Atractosteus spatula ini memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai salinitas dari danau air tawar, payau, rawa-rawa, muara, dan teluk. Ikan aligator memiliki kantung renang yang terhubung ke usus oleh saluran unik, sehingga memungkinkan untuk menelan udara dari permukaan dan hidup di air dengan kadar oksigen yang rendah.

Mengutip National Geographic, ikan dengan habitat asal Sungai Amazon Amerika Serikat ini bisa memiliki panjang hingga 3 meter dan berat mencapai 158 kilogram (kg). Ikan bergigi tajam dan kepala lebar menyerupai buaya ini merupakan spesies air tawar terbesar yang hidup di wilayah Amerika Utara. Walaupun berpotensi mengancam ekosistem, ikan yang diperkirakan muncul pertama kali pada 157 juta tahun yang lalu ini nyatanya tidak menyerang atau memangsa manusia jika tidak ada ancaman. Namun, telurnya yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan berbahaya jika dikonsumsi.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@apih_gemoy/video/7091455746184957211?_t=8TygybbhBth&_r=1

Ikan yang bisa hidup hingga usia 50 tahun ini biasanya memangsa ikan lainnya, kura-kura kecil, kepiting biru, burung, unggas air, hingga mamalia kecil. Sebelum menerkam mangsanya, alligator gar biasanya akan menunggu beberapa meter di bawah permukaan air, setelah mengunci target, dengan gerakan cepat, ikan rakus ini akan menangkap dan menusuk mangsa dengan gigi tajamnya.

@apih_gemoy Ikan apa ini ya ,, ngeri dapat jala di sungai , apa ini Siluman buaya#buaya #buaya #silumanbuaya #viral #fyp ♬ Musik Serem - New Danuarta


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network