Nenek Ini Hafal Sila Pertama dan Kedua, Sila Berikutnya Bikin Ngakak

"Lalu pada sila ke empat sang nenek menjawab. "Kerakyatan Dipimpin Oleh Lurah," seharusnya sila ke empat berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmak kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan,"."

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia dan juga merupakan dasar negara. Semua hukum yang berlaku di Indonesia berseumber dari Pancasila. Eksteksi Pancasila merupakan bagian penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan karena Panacasila menjadi satu-satunya landasan paling utama bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan kehidupan bernegara.

Maka dari itu sebagai warga Indonesia tidak hanya mengafal namun wajib memahami nilai-niai yang terkandung didalamnya. Namun bagaimana jika menghafalkanya saja masih sulit dan sering salah. Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @say.viideo ini.

Terlihat pada video tersebut seorang nenek sedang diberi pertanyaan oleh seorang wanita berbaju hitam dan berhijab hitam di atas panggung. Sang nenek diberikan pertanyaan mengenai sila yang terkandung pada Pancasila.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcAm-AwAio9/

"Pancasila, satu," tanya perempuan yang mengenakan busana seba hitam kepada nenek dengan memberikan mic kepada nenek

"Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa," jawab nenek dengan suara lantang.

"Wah hebat, keprok atuh keprok, dua?" tanya wanita berbaju hitam itu lagi kepada sang nenek.

"Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab," jawab sang nenek.

"wah pinter…. Tiga?" pujian  wanita itu kepada nenek sembari melanjutkan pertanyaanya.

Namun untuk jawaban sila setelahnya sang nenek ini tidak dapat menjawab dengan betul. Mungkin dikarenakan lupa jawaban nenek ini melenceng jauh dari jawaban yang betul sila ke tiga sampai ke lima. Wanita itu bertanya ke sila berikutnya, lalu dijawab oleh nenek tersebut.

"Pengadilan agama," jawab nenek polos yang mengundang gelak tawa dari penonton di bawah panggung. "Lah emak mau kawin lagi yaakkk, masa tiga pengadilan agama," ujar wanita berbaju hitam itu sambil tertawa.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcAm-AwAio9/

Seharusnya nenek menjawab sila ke tiga itu adalah Persatuan Indonesia namun nenek menjawab Pengadilan agama. Lalu pada sila ke empat sang nenek menjawab. "Kerakyatan Dipimpin Oleh Lurah," seharusnya sila ke empat berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmak kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan,".

Selanjutnya sila terakhir yaitu sila ke lima nenek pun salah menjawab nya "Pergi Haji Ke Baitulloh," ujar nenek yang seharusnya sila ke lima itu adalah "Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,".

Jawaban-jawaban yang salah dari nenek tersebut mengundang gelak tawa dari si penanya dan juga tentunya dari penonton di bawah panggung acara hari itu. Tidak diketahui mengapa nenek bisa naik ke atas panggung dan acara apa yang ada pada video tersebut.

Tidak hanya yang berada di dalam video tersebut yang dibuat nenek tertawa, namun warganet pun terhibur oleh aksi nenek tersebut.

"Haaaaa," tulis akun @nyimas2908.

"ya ampunnn jungkirbalikkk," tulis akun @ yy_sukmarasar.

Walaupun video tersebut mengundang gelak tawa bagi yang menyaksikan, namun banyak warganet pun yang merasa tidak suka dengan aksi wanita berbaju hitam itu. Menurut mereka tingkah wanita berbaju hitam itu tidak sopan dan tidak menghormati sang nenek.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CcAm-AwAio9/

"Mungkin mau ngelawak, tapi malah terkesan mengolok2 si nenek, ha sopan," tulis akun @irwantjandra.a yang merasa kesal.

"Meski sekedar buat hiburan, tapi kok kesannya ga sopan ya, terlebih yg dijadikan bahan hiburan tersebut adalah orang tua, dia bukan pelawak & bukan penghibur, letakkan sesuatu pada tempatnya," tulis akun @afien_syarieff yang merasa tidak terima nenek dibuat bahan bercandaan.

"Ora sopan karo wong sepuh," tulis akun @akudewe391.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network