Cara Petugas Swab Ambil Sampel Ini Bikin Warganet Ngamuk

"Proses pengambilan sampel tersebut terlihat dilakukan dengan keras dan kasar kepada pasien. Alat dimasukkan dan digerakkan dengan kuat."

Swab merupakan test yang dilakukan untuk mengetahui positif tidaknya seseorang terkena Covid-19. Untuk memperoleh sampel, Swab dilakukan dengan cara diambil lendirnya di pangkal tenggorokan yang dilakukan dengan cara memasukkan alat pengambil sampel melalui lubang hidung.

Pengambilan sampel tesebut biasanya dilakukan melalui tenaga kesehatan (nakes) dengan prosedur dan standar yang ada. Salah satu standar tersebut adalah tidak boleh terlalu dalam saat memasukkan alat ke dalam pangkal tenggorokan karena akan mengakibatkan luka. Selain itu tidak boleh hanya memasukkan saja ke lubang hidung karena sampel tidak akan terambil.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CaEg1eBJNoP/

Namun baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan nakes yang mengambil sampel swab test yang banyak diprotes oleh warganet.

Pada awal video terlihat seseorang yang akan diambil sampelnya untuk swab test. Orang tersebut duduk dan mendengakkan kepalanya ke atas sama seperti pengambilan sampel pada umumnya. Kemudian di sebelahnya seorang nakes yang memakai face shild dan berbaju biru.

Nakes tersebut terlihat memasukkan alat swab ke lubang hidung pasien. Jika pada umumnya proses pengambilan sampel dilakukan dengan cara pelan dan hati-hati, pengambilan sampel yang terekam pada video tersebut sukses membuat warganet geram saat menontonnya.

Bagaimana tidak? Proses pengambilan sampel tersebut terlihat dilakukan dengan keras dan kasar kepada pasien. Alat dimasukkan dan digerakkan dengan kuat.

Saking kuatnya, pasien sampai menepiskan tangan nakes tersebut karena tidak nyaman dan tidak mau diambil sampelnya oleh nakes tersebut. Terdengar ada perdebatan pendek yang terjadi, namun tidak diketahui jelas dimana dan apa yang terjadi sebenarnya pada video tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CaEg1eBJNoP/

Video yang telah viral dan diunggah oleh akun mikeyy64 di media sosial tersebut telah ditonton sebanyak 15 juta kali dan dibanjiri banyak komentar warganet yang juga ikut geram melihatnya.

"Gue d gituin ku hajar beneran petugasnya trus gantian dia yg ku gituin," tulis akun @chivasmarlin

"Petugasnya sdh strezzzz mungkin😮😢," tulis akun @yanie7410

"Wah gilaaaa," tulis akun @ameliaasih


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network