Dilepas Ke Danau Oleh Pemiliknya, Ikan Mas Koki Ini Berubah Jadi Jumbo

"Menurut mereka, ikan mas koki menjadi sangat besar karena perairan terbuka seperti sungai dan danau adalah habitat ideal bagi ikan ini untuk makan dan berkembang biak."

Bagi para pemancing, ikan mas menjadi salah salah target yang menyenangkan. Ikan mas pun begitu populer di Indonesia sebagai salah satu ikan air tawar yang bisa dioleh menjadi beragam masakan. Namun hal ini tidak berlaku di Negara Kanada. Di negara ini, Ikan Mas dianggap hama yang menganggu ekosistem.

Oleh karena itu otoritas Kanada mewanti-wanti agar orang jangan sampai melepas ikan mas peliharaan mereka ke alam liar, misalnya ke sungai atau danau. Belum lama ini, otoritas di Ontario menangkap ikan mas koki berukuran jumbo dari Teluk Hamilton Bay. Hal ini sebagai bagian dari penelitian dalam upaya mengendalikan populasi ikan mas di alam liar.

"Pernah bertanya-tanya apa yang terjadi pada ikan mas koki peliharaan jika mereka berada di perairan kita?" tulis lembaga Fisheries and Oceans Canada dalam akun twitternya @FishOceansCAN. Dalam cuitannya, akun tersebut juga memperlihatkan ikan mas koki raksasa tangkapan mereka.
TamanPendidikan.com

https://twitter.com/FishOceansCAN

"Inilah kenapa penting untuk jangan pernah melepaskan mereka ke alam liar," tambah lembaga itu.

Menurut mereka, ikan mas koki menjadi sangat besar karena perairan terbuka seperti sungai dan danau adalah habitat ideal bagi ikan ini untuk makan dan berkembang biak. Sebelumnya di Kota Lethbridge, Alberta, Kanada, pejabat setempat juga dibuat cemas dengan makin banyaknya populasi ikan mas koki dan koi di beberapa danau wilayah itu. Rupanya banyak warga melepaskan ikan peliharaannya ke sana dan menimbulkan masalah di telaga itu.

Ikan mas koki ini mampu bertahan di udara dingin dan tidak punya musuh alami di sana. Maka mereka dengan mudah bisa melampaui populasi ikan lokal dan mengganggu habitatnya yang mana tidak pernah ada ikan jenis ini.

"Banyaknya populasi ini diakibatkan oleh seseorang melepaskan ikan ini ke telaga. Mereka bukan ikan lokal, orang-orang menaruhnya di sana dengan sengaja dan menciptakan masalah yang sangat besar ini," lanjutnya.
TamanPendidikan.com

https://twitter.com/FishOceansCAN

Untuk mencegah semakin meluasnya ikan mas, warga pun diminta tidak lagi sembarangan membuangnya ke sungai atau danau setempat. Pemerintah dan aparat akan berusaha menekan populasi ikan tersebut. Selain mengganggu ikan lokal, ikan mas dapat turut menyebabkan penurunan kualitas air dengan mengacak-acak sedimen dan mencabut tanaman.

Ikan mas koki memang menarik sebagai peliharaan, tapi dianggap buruk bagi alam sekitar jika dilepaskan. "Seluruh ikan mas pada dasarnya adalah spesies invasif di seluruh dunia. Di seluruh Amerika Utara, Australia, sebagian Eropa, mereka sungguh menyebar luas," cetus akademisi University of Minnesota, Przemek Bajer.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network