Utang Rp500 Mendadak Bisa Jadi Rp4,1 Juta, Ternyata Begini Cara Hitungnya

"Melihat kejanggalan tersebut, sang bapak-bapak pun protes. Seharusnya utang bapak tersebut totalnya Rp 500.000, bukan Rp 4.100.000."

Sejak masih kecil kebanyakan orang pasti memiliki kesulitan saat pelajaran matematika. Pelajaran ini mengharuskan untuk berhitung menggunakan berbagai rumus. Bahkan dibandingkan pelajaran lain, matematikan menjadi momok dan kurang diminati.

Di kehidupan sehari-hari, tidak semua ilmu matematika yang rumit diterapkan. Akan tetapi keterampilan dalm menghitung masih sangat dibutuhkan.

Berbicara mengenai berhitung, berikut ini terdapat sebuah video yang memperlihatkan seseorang yang sedang menghitung jumlah utang. Lucunya saat menjumlahkan seluruh utang itu, terdapat kejanggalan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CVcIB4GhrJl/

Dalam video tersebut, nampak seorang ibu-ibu sedang menjumlahkan utang dari seorang bapak dalam sebuah kertas. Dipandu bapak yang memiliki utang, ibu tersebut menuliskan jumlah utang pertama senilai Rp250.000, kemudian utang kedua senilai Rp250.000. Setelah dijumlah, hasilnya menjadi Rp4.100.000.

Hasil itu diperoleh karena si Ibu menjumlahkan bilangan dari depan bukan dari belakang. Alhasil jumah yang keluar dari Rp250.000 ditambah Rp250.000 adalah Rp4.100.000.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CVcIB4GhrJl/

Berdasarkan penjelasan dari ibu-ibu tersebut, dia menjumlah secara terpisah. Titik kesalahan ibu tersebut ada pada rumus yang digunakan ibu-ibu tersebut tidak sesuai dengan rumus seharusnya yakni menjumlah dari belakang.

Melihat kejanggalan tersebut, sang bapak-bapak pun protes. Seharusnya utang bapak tersebut totalnya Rp 500.000, bukan Rp 4.100.000.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CVcIB4GhrJl/

Video yang diunggah oleh @video_medsos ini sudah ditonton sebanyak 20 ribu views dan mendapatkan beragam komentar dari pengguna Instagram.

"Menang banyakkk 👏" tulis @amoy_syahbil

"Hadeeeeh...Kui 0 e kakehan mak 😂"  tulis @kuprit_4605
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CVcIB4GhrJl/

"Pas pelajaran IPS kebanyakan bolos nih sampai lupa cara menghitung kertas🤣" tulis @bintangazizputra

Melihat video tersebut, warganet dibuat ngakak dengan aksi ibu-ibu tersebut. Terkesan mau untung banyak. Si ibu tersebut pandai mengelabui bapak-bapak tersebut.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network