Apakah Anda sudah siap menghadapi hujan petir hari ini menurut BMKG?

"BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini, memperingatkan hujan petir di kota-kota besar Indonesia."

Daftar Isi

Pengenalan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk hari ini, Jumat, 6 September 2024. Dalam laporan tersebut, BMKG memperingatkan bahwa beberapa kota besar di Indonesia akan mengalami hujan disertai petir. Ini adalah informasi penting yang perlu diperhatikan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan.

Prakiraan Cuaca Hari Ini

Menurut prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Prakirawan BMKG, Ida Pramuwardani, hujan dengan intensitas bervariasi akan mengguyur beberapa wilayah. Hujan ringan dengan curah hujan kurang dari 2,5 mm per jam diprediksi akan terjadi di kota-kota seperti Pekanbaru, Tanjung Pinang, Tanjung Selor, Jayapura, Jayawijaya, dan Ambon. Suhu di daerah-daerah ini diperkirakan berkisar antara 24 hingga 31 derajat Celcius.

Sementara itu, kota-kota seperti Jambi, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Manado, dan Nabire akan mengalami hujan dengan intensitas sedang, yaitu curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam, dengan suhu berkisar 21 hingga 28 derajat Celcius.

Daerah yang Terdampak

Hujan disertai petir diperkirakan akan melanda Sorong, Manokwari, Merauke, Banda Aceh, dan Medan, dengan suhu yang diprakirakan berkisar antara 23 hingga 29 derajat Celcius. Sementara itu, Kota Padang diperkirakan akan mengalami hujan deras dengan curah hujan lebih dari 50 mm per jam dan suhu antara 24 hingga 28 derajat Celcius.

Saran untuk Masyarakat

Bagi masyarakat yang berada di Jakarta, Kupang, Gorontalo, Palembang, Lampung, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Palangka Raya, Serang, Bengkulu, Semarang, Surabaya, Mataram, Samarinda, Pontianak, dan Ternate, cuaca diperkirakan cerah hingga berawan tebal dengan suhu berkisar 24 hingga 31 derajat Celcius. Namun, tetaplah waspada terhadap perubahan cuaca yang cepat dan siapkan diri untuk kemungkinan hujan lebat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai daerah yang terdampak dan intensitas hujan, masyarakat dapat mengakses situs resmi BMKG. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan prakiraan cuaca sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan!


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network