Viral Cara Masak Pempek Tanpa Ikan, Cukup Pakai Kerupuk Direbus

"Video tutorial memasak pempek tanpa ikan ini viral."

Video tutorial memasak pempek tanpa ikan ini viral. Pempek ini menggunakan bahan dasar kerupuk yang mudah didapatkan.

Video pempek berbahan pakai kerupuk ini diunggah oleh akun @resep_inspirasi_debm. Umumnya, ikan merupakan bahan baku utama dari olahan pempek. Ikan yang banyak digunakan untuk membuat pempek di masa lalu adalah jenis ikan Belida. Kini, jenis ikan yang paling sering digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri.

“Bikin Olahan dari Kerupuk. Non DEBM #Urp”, tulis keterangan sang pembuat video pada kolom caption yang menunjukkan kalau ia sedang membuat kreasi olahan kerupuk menjadi pempek. Jadi, bagaimana caranya?

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/resep_inspirasi_debm/

Mula-mula, kerupuk putih bulat dimasukkan ke dalam panci besar berisi air untuk direbus. Lalu, setelah semua kerupuk itu “matang” dan mengerut sempurna, barulah kerupuk itu diangkat dan dimasukkan ke dalam baskom bersih. Selanjutnya, kerupuk itu memasuki tahap pemblenderan.

Setelah kerupuk lembek tadi selesai diblender dan dijamin memiliki tekstur yang halus, barulah bahan lain seperti tepung tapioka, telur ayam, daun bawang, dan yang terpenting adalah bumbu halus yang terbuat dari bawang putih, garam, dan lainnya dimasukkan ke dalam wadah yang sama. Selanjutnya, dilakukan pencampuran adonan sampai semuanya tercampur merata sempurna yang ditandai dengan bentuk adonan menjadi kalis.

Selesai dengan proses pembuatan adonan, dilanjutkan dengan proses pemasukan isi pempek ke dalam adonan. Seperti biasanya, isi dari pempek dalam video juga berupa telur ayam yang sudah direbus setengah matang. Konten kreator dalam video itu sedang membuat pempek kapal selam sehingga telur tadi diletakkan di tengah-tengah adonan yang telah dibentuk sedemikian rupa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/resep_inspirasi_debm/

Selesai membentuk dan mengisi adonan, proses selanjutnya adalah merebus pempek mentah agar menjadi matang. Proses perebusan pempek mentah itu ternyata ada trik khususnya loh, yaitu dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan sedikit minyak. Tentu saja cara itu dilakukan dengan tujuan agar pempek yang direbus tidak lengket ke panci atau bahkan ke pempek lain yang sedang direbus secara bersamaan.

Selesai merebus, barulah masuk ke tahap penggorengan pempek. Pempek digoreng di dalam panci berisi minyak panas hingga berubah warna menjadi coklat keemasan. Kalau sudah berubah warna seperti itu, berarti pempek sudah matang dan siap disajikan.

Seperti dalam video, pempek selalu disajikan dengan cuko yang penampakannya seperti kecap asin tetapi memiliki rasa khas asam manis dan pedas. Tak lupa ditambahkan acar berupa timun yang bisa membuat pempek kerupuk rebus ini semakin meriah.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/resep_inspirasi_debm/

Menyaksikan tutorial masak yang bisa dibilang unik dan tak biasa seperti dalam video jelas membuat banyak warganet menyerbu kolom komentar. Sebagian besar dari mereka jelas merasa keberanian karena sang pembuat video bisa saja kepikiran menggunakan kerupuk sebagai pengganti rasa ikan dari pempek. Warganet juga ada yang menilai kalau penjual kerupuk akan merasa sedih saat melihat kerupuk dagangannya yang renyah malah dilembekkan untuk membuat pempek “gaya baru”.

Kang bikin kerupuk marah melihat ini,,dari kering,,basah,,kering,,basah,,kering,,di basahin lg 😂”, @ryan_rafsyanjani

Kasihan bakul empek empek”, @tonysulystyo.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network