Buah Langka di Hutan Ini Disebut Paling Manis, Rasa Manisnya Tak Hilang Meski Minum

"Seorang perempuan membagikan pengalamannya saat menjelajah ke dalam hutan berburu buah langka"

Seorang perempuan membagikan pengalamannya saat menjelajah ke dalam hutan. Ia menemukan buah unik dan langka yang memiliki rasa manis.

Video tersebut diunggah oleh akun @linda_ht28 di Instagram. Perempuan muda ini terlihat mengambil buah manis ini dipinggiran jalan setapak di dalam hutan.

"Halo bestie ikut aku yuk berburu buah unik di dalam hutan. Kali ini aku menemukan buah yang rasanya manis banget walaupun kalian minum air putih rasanya itu ngga akan hilang. Namanya buah ini di tempatku disebut ningan," kata @linda_ht28.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/linda_ht28/

Bentuk pohon buah ini sama seperti pohon kelapa yang masih kecil. Dan tanaman ini hanya tumbuh di dalam hutan.

"Rasa buah ini manis tapi aneh menurutku. Kalo di tempat kalian buah ini disebut apa? Dan apakah kalian pernah mencoba buah ini? Jangan lupa follow dan komentar", ujar wanita dalam video saat mencicipi buah unik yang langka dan hanya ditemukan di hutan itu.

Warganet pun langsung berbondong-bondong menanggapi pertanyaan wanita dalam video di kolom komentar untuk menjawab nama dari buah unik yang bisa mengubah rasa itu. 

โ€œBuah maresi kalo di tempat saya manisnya kebangetan๐Ÿคญโ€, ujar akun @_omen131.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/linda_ht28/

โ€œParasiiiโ€, kata akun @rahmn.adam.

โ€œDi aku namanya ucen, dulu pas masih blusukanโ€, ucap @nadhir_rtn.

โ€œYaa Alloh jdi inget pas masih kecil suka ke kebon ikut bp iya suka di ambilin buat itu.. Di kebon sama bp๐Ÿ˜โ€, ujar akun @astyokto bernostalgia setelah menyaksikan video yang menampilkan buah marasi yang langka dan unik itu.

Fakta menariknya, buah langka ini mampu mengubah rasa semua makanan atau minuman yang dikonsumsi setelah memakannya. Seperti kesaksian yang diungkapkan oleh seorang warganet di balik akun  @mamamelamakeup, bahwa โ€œIni merubah rasa di lidah, abis makan ini semua yang dimakan dan diminum berubah jadi manis ๐Ÿ˜โ€, tulisnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/linda_ht28/

Menurut laman Pertanian.go,id, buah marasi atau marashi atau parasi merupakan buah unik yang dapat mengubah rasa. Kandungan curculin yang terdapat di dalam buah ini akan memanipulasi rasa minuman atau makanan yang dikonsumsi berikutnya. Konon, curculin itu bisa tahan di mulut sampai setengah jam sebelum akhirnya rasa manisnya menghilang.

Secara ilmiah, peneliti dari Universitas Nasional Yokohama mengungkap kalau rasa manis dari curculin dapat muncul setelah ion Mg2+ dan Ca2+ pada air liur mengikat curculin di buah marasi sebagai protein penyebab rasa manis. Ketika air diteguk, ikatan ion-protein itu pun terlepas kembali. Itulah sebabnya curculin muncul lagi, sehingga air putih atatu apapun yang dikoknsumsi setelahnya jadi terasa manis.

Dalam laman Klikanggaran.com disebutkan kalau buah pengubah rasa ini biasanya familiar di kalangan anak-anak yang tinggal di pedesaan. Sebab buah ini sangat mudah dijumpai di hutan-hutan yang ada di Indonesia, utamanya pulau Sumatera. Adapun nama buah pengubah rasa ini adalah buah marasi atau ada juga yang menyebutnya buah rendingan. Tanaman ini pun memiliki nama Latin, Curculigo latifolia, dan termasuk keluarga Hypoxidaceae.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network