Fakta Unik Ular King Kobra Kuning, Habitatnya Hanya Ada di Indonesia

"Baguss banget ya warnanya?"

Edukasi | 10 February 2023, 04:12
Fakta Unik Ular King Kobra Kuning, Habitatnya Hanya Ada di Indonesia

TamanPendidikan.com - Kobra kuning atau juga disebut Kobra tanjung (Cape Cobra) adalah spesies kobra yang tersebar di seluruh Afrika bagian selatan. Ular ini juga memiliki banyak musuh alami yang tinggal di daerah yang sama, termasuk burung sekretaris, dan Mogoose (sejenis musang).

Di Indonesia, ular King Kobra Kuning hanya ada di Sumatera. Kobra kuning adalah jenis kobra berukuran sedang. Spesimen dewasa biasanya tumbuh mencapai sekitar 1,2 hingga 1,4 meter (3,9 hingga 4,6 kaki), tetapi juga bisa tumbuh hingga 1,6 meter (5,2 kaki).

Sementara, King Kobra Kuning jantan berukuran sedikit lebih besar dari perempuan. Spesimen terpanjang yang pernah tercatat adalah spesimen dari Australia, Namibia dan memiliki panjang 1,88 meter (6,2 kaki).

Variasi Warna Ular King Kobra Kuning

Warna tubuhnya sangat bervariasi, dari kuning terang dan coklat keemasan sampai coklat gelap dan bahkan hitam. Selain itu, bebrapa spesimen memiliki variasi warna tubuh yang berbeda-beda dari bercak hitam dan pucat dan bercak-bercak.

Meskipun pola warna pada tubuh ini sangat dipengaruhi oleh habitat ia tinggal, terkadang juga ditemukan spesimen-spesimen dengan warna yang berbeda pada satu habitat yang sama. Untuk ular berusia muda, warna tubuhnya cenderung lebih kuning polos atau kuning pucat denagn bintik-bintik hitam.

Cara Ular King Kobra Kuning Berburu Mangsa
TamanPendidikan.com

iStockphoto

Dalam berburu mangsa, ular ini sering mengalami kontak dengan hewan yang lebih besar dan manusia. 

Ular ini termasuk jenis ular sendok yang bisa meludahkan racun atau bisa dari mulutnya (spitting cobra), apabila ia merasa terancam dan tidak bisa melarikan diri, ia akan mengangkat kepala dan melebarkan lehernya membentuk tudung untuk menakut-nakuti pengganggunya. 

Apabila trik itu tidak berhasil, ular ini akan menyemburkan racun ke arah mata pengganggu hinga mencapai dua meter.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network