Jelaskan Pengertian Tasawuf, Berikut Dasar, Aliran, serta Pendapat dari Para Ahli

"Simak ulasan di bawah ini!"

Secara umum, tasawuf dapat didefinisikan sebagai suatu ajaran tentang bagaimana menyucikan jiwa, menjernihkan akhlak, serta membangun dhahir dan batin untuk dapat memperoleh kebahagian abadi.

Mereka yang belajar ilmu tasawuf akan tercermin akhlak yang mulia dan senantiasa mereka yang berjuang dalam hal tersebut akan senantiasa didekat dengan Allah SWT.

Banyak sisi menarik yang perlu dipelajari dalam ilmu tasawuf, mulai dari dasar hingga alirannya. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Tasawuf Menurut Para Ahli

Al-Junaid

Tasawuf memiliki makna kegiatan membersihkan hati dari yang mengganggu perasaan manusia, serta memadamkan kelemahan, menjauhi keinginan serta hawa nafsu, mendekati hal-hal yang di ridai Allah, serta bergantung pada ilmu-ilmu hakikat.

Syekh Abdul Qadir al-Jailani

Tasawuf merupakan mensucikan hati dan melepaskan nafsu dari pangkalnya dengan khalwat, riya-dloh, taubah, dan ikhlas.

H. M. Amin Syukur

Tasawuf sebagai suatu latihan dengan kesungguhan (riya-dloh, mujahadah) untuk kemudian dapat membersihkan hati, mempertinggi iman serta memperdalam aspek kerohanian seseorang.

Syaikh Ibnu Ajibah

Ilmu tasawuf menurut syaikh adalah ilmu yang akan membawa seseorang agar dapat dekat bersama dengan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyucian rohani serta mempermanisnya dengan amal-amal saleh. Jalan tasawuf yang pertama dengan ilmu, yang kedua amal serta yang terakhir adalah karunia Illahi.

Dasar Ilmu Tasawuf

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa surat yang mendasari ilmu tasawuf, antara lain adalah:

Surat Al-Baqarah Ayat 186

"Dan jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku sangat dekat. Aku mengabulkan permohonan setiap orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka kemudian memenuhi (segala perintahKu) serta hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka kemudian selalu berada dalam kebenaran."

Surat Al-Baqarah Ayat 115

"Dan kepunyaan Allah-lah dari timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap maka di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Luas (rahmat-Nya) dan Maha Mengetahui."

Surat Al-Kahfi Ayat 65

"Lalu mereka akan bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, serta yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami."

Surat Qaf Ayat 16

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia serta mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami menjadi lebih dekat kepadanya dibandingkan urat lehernya."

Aliran Ilmu Tasawuf

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa aliran dari ilmu tasawuf berikut ini:

1. Tasawuf Akhlaki (Sunni)

Tasawuf akhlaki adalah tasawuf yang berkonsentrasi pada teori-teori perilaku akhlak atau budi pekerti.

2. Tasawuf Falsafi

Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang didasarkan pada gabungan teori-teori tasawuf dan filsafat atau yang bermakna mistik dan metafisis.

3. Tasawuf Syi'i

Tasawuf syi'i adalah tasawuf yang beranggapan bahwa manusia dapat meninggal dengan Tuhannya karena memiliki kesamaan esensi dengan Tuhannya.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network