Jelaskan Pengertian Alat Musik Ritmis, Ketahui Contoh, Cara Memainkan, dan Fungsinya

"Cermati ulasan berikut ini!"

Alat musik ritmis yaitu alat musik yang tidak menghasilkan nada diatonis atau pentatonis. Semua alat musik ritmis memiliki suara yang unik sehingga terdengar berbeda dengan jenis alat musik melodis dan harmonis.

Meski tidak bernada, alat musik ini memberikan irama yang berkaitan dengan ketukan dan birama. Birama sendiri merupakan bagian dari baris melodi yang menunjukkan jumlah ketukan dalam bagian tersebut.

Setiap alat musik ritmis punya bentuk dan cara memainkan yang berbeda. Ada alat musik ritmis yang dapat mengeluarkan suara saat dipukul, diguncang, atau digesek.

Banyak sisi menarik yang perlu dikupas dari alat musik ritmis. Maka, simak ulasan-ulasan tentang alat musik ritmis di bawah ini.

Contoh Alat Musik Ritmis

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa contoh dari alat musik ritmis yang bisa kita lihat, antara lain:

1. Rebana

Rebana adalah instrumen turunan dari budaya melayu. Alat musik ini berbentuk seperti drum kecil yang pada bagian kulitnya berbentuk besar dan keras.

2. Conga

Conga adalah alat musik yang berasal dari negara Afrika, atau disebut juga tumbora. Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

3. Tifa

Tifa adalah alat musik ritmis yang terbuat dari kayu yang pada satu di antara bagian rongga ditutup kulit. Bentuk tifa panjang dan ramping.

4. Tamborin

Tamborin adalah alat musik ritmis yang memiliki dua jenis bunyi yang berbeda saat dimainkan. Bunyi pertama merupakan bunyi pukulan, jika bagian kulit pada rebana dipukul. Dan bunyi yang kedua adalah bunyi gemerincing. Alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

5. Kendang

Kendang adalah alat musik yang terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Kendang banyak digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

Cara Memainkan Alat Musik Ritmis

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk memainkan alat musik ritmis, yaitu:

1. Kastanyet

Kastanyet bisa dimainkan dengan dua atau tiga jari saja, yaitu dengan jempol, telunjuk dan jari tengah.

2. Tamborin

Tamborin bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok.

3. Timpani

Timpani bisa dimainkan dengan cara dipukul memakai alat yang bernama stik atau mallet timpani.

4. Gong

Gong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul yang umumnya terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kain tebal.

5. Cowbell

Cara memainkan Cowbell adalah dengan memukul alatnya menggunakan stik kayu hingga mengeluarkan suara yang nyaring.

Manfaat Alat Musik Ritmis

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa fungsi dari alat musik ritmis yang penting dan perlu kita pahami, antara lain:

1. Tanda Pemain Musik

Alat musik ritmis dijadikan sebagai patokan bagi para pemain alat musik yang lain. Tanda tersebut digunakan untuk mengetahui kapan sebuah lagu mulai dimainkan.   

2. Penanda Koreografi

Alat musik ritmis juga digunakan sebagai tanda perpindahan gerak dalam sebuah tarian agar setiap gerakan akan terlihat harmonis dan kompak.

3. Penyempurna Instrumental

Di dalam acara musik orkestra, alat musik ritmis selalu berperan sebagai pelengkap instrumen lainnya. Tujuannya untuk menghasilkan nada yang sempurna dan indah didengar.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network