Jelaskan Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Berikut Ciri, Tujuan, Unsur, dan Strukturnya

"Kenali lebih dalam tentang Teks Prosedur Kompleks dengan membaca artikel ini."

Pengertian Teks Prosedur Kompleks adalah suatu teks yang menjelaskan langkah-langkah/tahap-tahap atau prosedur yang harus dilakukan oleh seseorang demi mencapai suatu tujuan. Teks Prosedur ini memiliki fungsi sosial menjelaskan bagaimana sesuatu tersebut bisa dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang urut.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan dari teks prosedur kompleks adalah untuk memberikan penjelasan atau memberi petunjuk tentang langkah-langkah atau tahapan dalam mengerjakan suatu hal dengan berurutan sehingga dapat selesai.

Contoh sederhana, seperti tips cara menjadi youtuber bagi pemula, lengkap cara pengaturan dan cara menyeting video. Berkat teks prosedur kompleks tersebut, orang tersebut bisa menjadi seorang youtuber yang berpenghasilan banyak uang.

Dari penghasilannya, bisa membahagiakan orangtuanya, bisa membantu orang susah di jalanan dan masih banyak kemanfaatan.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Unsur kebahasaan bisa juga disebut sebagai ciri kebahasaan yang terdapat di dalam teks prosedur kompleks. Dengan mencermati ciri-ciri kebahasaan tersebut di samping strukturnya, kita bisa mengenali teks tergolong prosedur kompleks atau bukan. Unsur kebahasaan dalam teks prosedur kompleks terdiri dari;

1. Penggunaan a) partisipan manusia, b) verba material dan verba tingkahlaku, dan c) konjungsi temporal.
2. Penggunaan bentuk syarat dan pilihan, serta
3. Penggunaan kalimat imperatif.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri atas tiga struktur utama yang diantaranya bagian tujuan, bagian material dan langkah-langkah. Berikut pembahasan secara mendetailnya.

• Bagian Tujuan
Bagian ini menjelaskan tentang tujuan pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang ingin dicapai, seringkali berupa judul. Contohnya adalah seperti “Cara Membuat Kartu Tanda Penduduk”.

• Bagian Material
Bagian ini menjelaskan informasi tentang alat dan bahan yang akan digunakan, tetapi tidak seluruh teks prosedur mempunyai bagian ini, seringkali bagian material ada di resep masakan.

• Bagian Langkah-Langkah
Bagian ini menjelaskan tentang cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Bagian ini harus disusun secara berurutan karena tidak dapat diubah atau diganti-ganti.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks memiliki 8 ciri-ciri yang harus kamu ketahui, berikut penjelasan selengkapnya;

1. Ditulis Dalam Bentuk Langkah-Langkah

Secara garis besar, teks prosedur kompleks akan ditemui dalam bentuk langkah-langkah atau step by step. Fungsinya, agar mudah dipahami dan memudahkan untuk mempraktekannya.

2. Berkelanjutan

Selain ditulis secara step by step, pastinya teks ditulis secara berkelanjutan antara langkah pertama, kedua hingga seterusnya. Jika teks prosedur tidak berkelanjutan, maka tidak masuk ke dalam kategorisasi ini. 

3. Bersifat Informatif

Meskipun ditulis dalam bentuk langkah atau tata cara. Dari segi isi pesan teks, tetap memuat dan bersifat informatif. Dimana pembaca memiliki nilai kebermanfaatan dari langkah-langkah yang dituliskan. 

4. Dijelaskan Secara Rinci

Ciri teks prosedur kompleks yang keempat, tiap poinnya dijelaskan secara rinci. Penjelasan ini ditujukan agar pembaca paham dengan maksud dan alur yang seharusnya dikerjakan.

5. Bersifat Objektif

Karena teks prosedur kompleks berisi langkah dan tata cara. Maka penting sekali melihat keaslian dan keobjektifan informasi. Pastikan informasi yang disampaikan benar, dan bukan imajinasi ataupun berbohong. 

6. Bersifat Universal

Ciri teks prosedur kompleks juga harus ditulis secara universal atau dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Setidaknya teks prosedur dapat diterapkan, dipraktekan oleh siapapun tanpa terkecuali. Tidak pula memihak atau mengeksklusifkan pada pembaca tertentu.

7. Aktual dan Akurat

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika teks prosedur kompleks adalah teks yang dapat dipraktekan oleh orang lain diluar sana.

Itu sebabnya, penting sekali untuk menuliskan teks secara aktual dan akurat. Jangan sampai orang yang mencoba dan mengikuti teks terjerumus dan mengalami ketersesatan.

8. Logis

Ciri yang terakhir, tentu saja ditulis secara logis dan sistematis. Bagaimana teks prosedur kompleks dapat ditiru atau dipraktekan? Jika ternyata hanya bualan dan rekayasa semata. 

Semakin logis teks prosedur kompleks yang disuguhkan, semakin banyak orang yang ingin mempraktekan dan mencobanya.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network