Cara Menggunakan Snipping Tool di Laptop, Mudah dan Praktis

"Simak langkah-langkahnya di bawah ini!"

Snipping Tool merupakan aplikasi bawaan Windows 10 yang berfungsi untuk mengambil screenshot atau tangkap layar. Snipping Tool dapat anda manfaatkan untuk screenshot di laptop atau PC.

Pada umumnya, pengguna Laptop atau PC akan menggunakan kombinasi keyboard untuk melakukan screenshot. Namun, selain menggunakan cara tersebut, anda dapat memanfaatkan Snipping Tool agar hasil screenshot lebih detail.

Snipping Tool bisa didapatkan secara gratis. Snipping tool terbilang sangat praktis, dengan aplikasi tersebut anda bisa langsung memilih bagian yang akan diambil gambarnya secara spesifik.

Ada beberapa tombol yang terdapat pada Snipping Tool yang perlu anda pahami, antara lain Tombol (New) yang berfungsi untuk mengambil screenshot yang sesuai dengan mode yang diinginkan.

Kemudian ada Tombol (Mode), tombol mode akan memungkinkan anda untuk memilih berbagai jenis screenshot seperti mengambil screenshot dalam bentuk bebas (free form snip), bentuk segiempat (Rectangular snip), screenshot jendela tertentu (window snip) dan screenshot layar penuh (full screen snip).

Selanjutnya ada Tombol (Delay), tombol ini dapat digunakan untuk penundaan screenshot selama 1, 2, 3, 4 hingga 5 detik.

Berikutnya ada Tombol (Cancel), tombol cancel berfungsi untuk membatalkan tindakan pengambilan screenshot saat ini.  Selain itu, ada Tombol (Options) yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa setting yang diperlukan pada Snipping Tool.

Lalu bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Snipping Tool tersebut? Nah, di sini kami akan sedikit memaparkan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Mari simak caranya di bawah ini.

Cara Menggunakan Snipping Tool

1. Buka aplikasi Snipping Tool.

TamanPendidikan.com

YouTube: Budi Tutorials

2. Pilih area yang ingin anda screenshot.

TamanPendidikan.com

YouTube: Budi Tutorials

3. Kemudian klik file, lalu save as untuk menyimpan hasilnya.

TamanPendidikan.com

YouTube: Budi Tutorials

4. Pilih lokasi penyimpanan, kemudian klik save.

TamanPendidikan.com

YouTube: Budi Tutorials


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network