Kerja di Bogor Dua Bulan, Pace Papua Ini Sudah Fasih Bahasa Sunda

"Dari wawancara di atas sudah tidak diragukan lagi kemampuan berbahasa sunda pria Papua ini. Ia dapat berbicara dengan logat yang luwes bak asli orang sunda"

Merantau merupakan salah satu kegiatan perpisahan seseorang untuk meninggalkan tempat asal atau dilahirkan dan tumbuh besar menuju ke suatu wilayah lain. Sebagian orang merantau dengan tujuan untuk menjalani kehidupan yang baru. Baik untuk sekadar mencari pengalaman hidup atau pekerjan.

Seorang perantau harus dapat beradaptasi dengan bahasa daerah yang ada. Meskipun mereka dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang dapat digunakan sehari-hari, namun tak semua orang dapat menggunakannya. Para perantau harus belajar bahasa daerah yang berlaku di tanah rantaunya. Ini dilakukan agar tidak ada kesalahpahaman saat berkomunikasi dengan masyarakat asli.

Hal ini yang dilakukan oleh pria Papua yang jago berbahasa sunda. Pria asli Papua ini jago berbahasa Sunda padahal dia bekerja di Bogor selama dua bulan. Kefasihannya ini terekam kamera dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh perekam. Kemudian video ini diunggah oleh salah satu pemilik akun instagram @sundabagja.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClSQAQ2gXp1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Dalam video yang beredar di jagat media sosial, pria ini tengah diwawancarai oleh seseorang. Ia menceritakan bagaimana dapat berbahasa sunda dengan jago. Berikut ini wawancara yang dilakukan.

"Berapa lami di dieu om? (udah berapa lama om?)," tanya sang pria.

"Aya dua bulanan lah (ada bulanan lah)," jawab orang Papua.

"Aya gawe noan? (Ada kerjaan apa di sini)," tanya sang pria kembali. .

"Tadina mah urang milu di gawe di daerah Bogor daerah Wanaherang ditu (tadinya saya kerja di daerah Bogor daerah Wanaherang)," balas pria Papua itu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClSQAQ2gXp1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Dari wawancara di atas sudah tidak diragukan lagi kemampuan berbahasa sunda pria Papua ini. Ia dapat berbicara dengan logat yang luwes bak asli orang sunda. Padahal dirinya baru saja 2 bulan berdomisili di Bogor. Komunikasi langsung yang dilakukan oleh pria Papua ini sangat efektif untuk mempelajari bahasa daerah dengan lebih mudah dan efektif. Dengan selalu menerapkan penggunaan bahasa ketika berinteraksi dan komunikasi, maka akan membuat seseorang terbiasa menggunakan bahasa tersebut.

Video berdurasi singkat ini tentunya menarik perhatian dari warganet. Bagaimana tidak, sungguh mencengangkan bagaimana jagonya pria tersebut. Kolom komentar pun penuh dengan tulisan warganet yang menyampaikan kekaguman terdapat oria Papua tersebut.

"2 bulan aja di wanaherang bisa basa sunda,kereen.gimana 1 tahun,bisa jadi lurah wanaherang...👍,," tulis akun @rai17achmad.

"Aduh pace 2 bulan di wanaherang jagoa n bahasa sunda,abdi tugas diPapua 10 th teu tiasa bahasa Papua 🤭🤭,," tulis akun @sarah_pahlepi.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/ClSQAQ2gXp1/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"2 bulan logat sunda na geus faseh..urg merantau ka cibarusah kab bekasi ti tahun 2007 nepi ka ayeuna mun di ajakan ngomong sunda masih keneh kaku logat sunda na..," tulis akun @i.booottt.

"2bln tp logat oge siga nya'an orang Sunda,hebat c bp 😂😍,," tulis akun @sitinurhasanah654.

 


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network