Jelaskan Pengertian Peluang Usaha, Berikut Ciri, Tujuan, Faktor yang Mempengaruhi, Manfaat, dan Strateginya

"Jika kamu ingin memanfaatkan peluang usaha. Ini yang harus kamu pelajari!"

Istilah peluang usaha sendiri terdiri dari dua kata yaitu kata “peluang” dan kata “usaha”. Kata peluang memiliki pengertian sebagai suatu kesempatan yang datang atau sesuatu yang terjadi yang bisa menghasilkan keuntungan.

Sedangkan, kata “usaha” dapat diasrtikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk mengarahkan tenaga dan pikiran dalam mencapai target atau tujuan.

Dengan demikian, peluang usaha adalah suatu kesempatan yang datang sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Peluang usaha juga didefinisikan sebagai kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan itu itu dilakukan suatu tindakan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran.

Peluang usaha sendiri merupakan suatu ide investasi atau usulan bisnis yang menarik serta memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang berani mengambil resiko.

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

1. Arif F. Hadiparanata
Peluang usaha adalah sebuah risiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

2. Thomas W. Zimmerer
Peluang usaha adalah sebuah terapan terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah serta melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.

3. Robbin and Coulter
Peluang usaha adalah sebuah proses melibatkan individu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tambah guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan.

Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Tidak semua peluang usaha dapat kita manfaatkan dan diubah menjadi suatu usaha bisnis yang baik.

Kita harus memilih dan memilah peluang mana yang cocok dengan bakat dankemampuan kita dan layak dikembangkan. Kita harus memahami dahulu seperti apa ciri-ciri peluang usaha yang baik.

Peluang usaha yang baik dan layak dikembangkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Peluang itu orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha orang lain. Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama.
b. Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Dalam arti, peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi.
c. Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.
d.Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji untuk itu dilakukan riset dan trial (uji coba) dalam pasar.
e.Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain.
f. Ada keyakinan bisa mewujudkan dan sukses untuk menjalankannya.
g. Ada rasa senang menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, ketika muncul peluang usaha baru, anda harus segera membuat inisiatif dengan merencanakan apa saja yang akan dilakukan untuk melaksanakan peluang tersebut.

Seorang wirausahawan harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk mengarahkan dirinya guna memperoeh peluang, menyusun konsep usaha, merencanakan masuk pasar, menggambarkan diri serta dibekali dengan teknikteknik usaha tertentu.

Banyak jenis usaha yang bisa dikelola, mana yang akan dipilih bergantung pada beberapa hal, antara lain :

a. Minat seseorang
b. Modal yang dimiliki
c. Relasi yang dimiliki
d. Berbagai peluang lainnya.

Setiap usaha yang dujalani pasti berorientasi ingin mencari keuntungan. Namun, saat anda berusaha, tidak akan terlepas dari risiko yang akan dihadapi. Hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha.

Tujuan Peluang Usaha

Tujuan peluang usaha adalah untuk mencapai keinginan, seperti mendapat keuntungan yang berupa uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai semua itu seseorang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Sumber daya tersebut mencakup segala sesuatu yang dapat menunjang kegiatan usaha. Di antaranya uang atau modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peluang Usaha

Perlu pemikiran yang matang bagi seorang pengusaha agar usahanya dapat berjalan dengan tetap sasaran.

Dalam menilai sebuah peluang usaha, apakah cocok dengan keadaan kita atau tidak, tentu kita harus memperhatikan dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal ini bersumber dari individu itu sendiri misalnya bakat dan minat yang dimiliki oleh seseorang. Ketika kita memanfaatkan peluang usaha maka kita harus memperhatikan faktor internal yang kita miliki.

Apakah Anda memiliki bakat dan minat untuk menjalankan kegiatan usaha yang telah Anda pilih.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal ini datang dari luar diri Anda misalnya lingkungan sekitar kita. Ketika Anda akan memanfaatkan peluang usaha maka Anda harus memiliki daya analisa yang tinggi dalam memanfaatkan peluang usaha.

Seorang pengusaha yang cerdas adalah ia mampu melakukan inovasi dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan kreativitas untuk kegiatan usahanya.

Strategi Peluang Usaha

Jika kalian berminat menjajal karir di bidang wirausaha, berikut adalah strategi yang bisa kamu lakukan agar berjalan lancar;

• Tentukan sektor usaha yang akan kamu geluti.
• Mengembangkan dan menyebarluaskan potensi produk.
• Mengetahui sumber peluang usaha baik diri sendiri, teman atau tempat tinggal.
• Evaluasi kinerja agar mendapat formula yang tepat tentang bagaimana menjalankan bisnis.

Manfaat Peluang Usaha

Memiliki usaha tentu ada manfaatnya, baik itu untuk diri sendiri ataupun orang sekitar. Berikut beberapa manfaatnya; 

• Mengajarkan kemandirian saat berwirausaha.
• Mengasah potensi diri.
• Ikut andil dalam menciptakan kesempatan kerja.
• Berpotensi menghasilkan profit tinggi.
• Mengembangkan relasi sosial.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network