Jelaskan Pengertian Hukum Bacaan Izhar Syafawi dan Contohnya, Ketahui Cara Baca, dan Hurufnya

"Belajar lebih dalam lagi tentang Izhar Syafawi"

Izhar syafawi dibaca apabila mim mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yakni sebanyak dua puluh enam, maka hukum bacaannya jelas di bibir dengan rapat. Huruf tersebut adalah: ا ، ت ، ث ، ج ، ح ، خ ، د ، ذ ، ر ، ز ، س ، ش ، ص ، ض ، ط ، ظ ، ع ،غ ف ، ق ، ك ، ال ، ن ، و ، ء ، ي .

Membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang sebenarnya adalah melafalkannya sesuai kaidah tajwid. Sebab, tanpa kaidah tajwid, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an bisa saja melenceng dan maknanya tidak sesuai lagi. Di antara bahasan ilmu tajwid yang harus dikuasai adalah konsep Izhar Syafawi.

Pengertian dan Hukum Bacaan Izhar Syafawi

Secara definisi, Izhar ( إظها) artinya jelas atau terang. Sementara itu, secara istilah, Izhar adalah cara membaca huruf hijaiyah yang dilafalkan dengan jelas tanpa ghunnah atau dengung. Izhar terjadi karena huruf nun mati (نْ) atau tanwin (ـًـــٍـــٌ) dan mim mati (مْ) bertemu dengan huruf huruf Izhar, lafalnya dibaca dengan terang sesuai makhrajnya.

Kedua, izhar syafawi terjadi ketika huruf mim sukun ( مْ ) bertemu dengan seluruh huruf hijaiyah, kecuali mim (م) dan ba (ب),

Sebagaimana yang ditulis oleh Marzuki dan Sun Choirol Ummah dalam buku Dasar Dasar Ilmu Tajwid (2020). Hukum bacaan Izhar Syafawi harus dilafalkan dengan jelas, terang dan tanpa dengung.

Contoh Bacaan Izhar Syafawi

Agar kalian lebih jelas dalam memahami bacaan izhar syafawi. Berikut contohnya:

1. اَنْتُمْ دَاخِرُوْنَ dibaca antum daakhiruuna
Sebab: mim bertemu dengan dal

2. يَمْكُرُوْنَ dibaca yamkuruuna
Sebab: mim bertemu dengan kaf

3. هُمْ نَائِمُوْنَ dibaca hum naaaaaimuuna
Sebab: Mim bertemu dengan nun

4. اَمْهَلْهُمْ رُوَيْدًا dibaca amhilhum ruwaidan
Sebab: mim bertemu dengan ro'.

5. قُلْ نَعَمْ وَاَنْتُمْ dibaca qul na'am wa antum
Sebab: Mim bertemu dengan wa

6. اَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ dibaca am lam tundzirhum
Sebab: mim bertemu dengan ta

Cara Membaca Izhar Syafawi

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui secara pasti cara membaca izhar syafawi. Cara membaca hukum bacaan Izhar Syafawi adalah dengan menyuarakan mim mati ( مْ ) dengan jelas di bibir serta mulut tertutup.

Itulah tadi pembahasan mengenai izhar syafawi. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk lebih fasih lagi dalam membaca ayat-ayat Al-quran.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network