Jelaskan Pengertian Administrasi, Ketahui Ciri, Fungsi, Serta Ruang Lingkupnya

"Pahami ciri hingga ruang lingkup administrasi berikut ini!"

The Liang Gie mengatakan bahwa administrasi memiliki arti luas, adminstrasi merupakan proses kerjasama beberapa individu dengan cara yang efisien dalam mencapai tujuan sebelumnya.

Dr. Sondang Siagian menuturkan bahwa admintrasi merupakan keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Irra Chisyanti Dewi mengatakan bahwa admintrasi memiliki pengertian dalam arti yaitu sebagai perkerjaan tulis menulis atau ketataushaan atau kesekretarisan, yaitu meliputi kegiatan menerima, mencatat ,menghimpun,mengolah mengadakan ,mengirim,menyimpan.

George R. Terry memaparkan bahwa pengertian administrasi adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Arthur Grager menjelaskan pengertian administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Ciri-ciri Administrasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa ciri dari administrasi, antara lain:

1. Administrasi terdapat usaha atau proses kerja.
2. Administrasi memiliki tujuan yang jelas.
3. Administrasi selalu berhubungan dengan kegiatan kerjasama.
4. Administrasi selalu terdapat kepemimpinan, bimbingan, dan pengawasan.
5. Administrasi terdapat kelompok manusia dua orang atau lebih.

Fungsi Administrasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari administrasi, antara lain:

1. Planing

Planning atau perencanaan dimana dalam perencanaan ini dibutuhkan pengumpulan dan pengolahan data kemudian menyusun perencanaan.

2. Organizing

Organizing atau pengorganisasian adalah menyusun serta membentuk hubungan kerja antara satu pihak dengan pihak lain hingga terwujud kesatuan

3. Reporting

Reporting dimana kegiatan yang dilakukan adalah melaporkan perkembangan dan hasil kegiatan melalui keterangan, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.

4. Budgeting

Budgeting dalam administrasi keuangan ini adalah untuk mengelola atau mengatur segala perencanaan tentang anggaran atau keuangan yang digunakan.

Ruang Lingkup Administrasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa ruang lingkup dari administrasi, antara lain:

Menurut The Liang Gie (2009) Ruang lingkup administrasi yaitu terdiri dari informasi atau keterangan tentang suatu hal atau peristiwa yang diperoleh terutama melalui pembacaan atau pengamatan, seperti:
 
1. Menghimpun

Menghimpun merupakan suatu kegiaan untuk mencari dan mengumpulkan informasi atau keterangan secara detail kemudian di simpan untuk tujuan agar nanti bisa gunakan bila diperlukan. 

2. Mencatat

Mencatat merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan menghimpun data agar dapat disimpan, dibaca atau dikirim.

3. Mengelola

Mengelola merupakan suatu bentuk data administrasi yang telah ada atau yang sudah ada, untuk mendapatkan hasil dari data yang dihimpun. 

4. Menyimpan

Menyimpan merupakan kegiatan mengamankan dokumen atau mendokumentasikan data dengan berbagi cara untuk nantinya di gunakan kembali jika di perlukan. 

5. Mengirim

Mengirim merupakan kegiatan bebagai data atau file ke pihak lain lebih baik dari dalam organisasi ataupun dari luar organisasi.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network