Cara Menggunakan Apar yang Tepat, Cukup dengan 4 Langkah

"Pahami untuk bekal keselamatan anda"

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.

Bentuk Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya adalah tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi.

Pada bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR adalah peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap perusahaan guna mempersiapkan jika terjadi kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan aset perusahaan.

APAR sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan pemadam yang digunakan. Berikut adalah beberapa dari jenis APAR, antara lain:

Jenis-jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

1. APAR Air (Water)

APAR Jenis Air (Water) adalah Jenis APAR yang diisikan oleh Air dengan tekanan tinggi. APAR Jenis Air ini merupakan jenis APAR yang paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya.

2. APAR Busa (Foam)

APAR Jenis Busa ini adalah Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran.

3. APAR Serbuk Kimia (Dry Chemical Powder)

APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium danammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran.

4. APAR Karbon Dioksida [Carbon Dioxide (CO2)]

APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.

Cara Menggunakan APAR

Agar memudahkan dalam mengingat proses ataupun langkah-langkah penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), anda dapat menggunakan singkatan T.A.T.A. yaitu :

1. Tarik pin Pengaman (Safety Pin) APAR

TamanPendidikan.com

YouTube: PresidenId

2. Arahkan nozzle atau pangkal selang ke sumber api (area kebakaran)

TamanPendidikan.com

YouTube: PresidenId

3. Tekan pemicu untuk menyemprot

TamanPendidikan.com

YouTube: PresidenId

4. Ayunkan ke seluruh sumber api (area kebakaran)

TamanPendidikan.com

YouTube: PresidenId

Itulah cara atau langkah-langkah menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network