Cara Menggunakan Oximeter dengan Benar, Pasien Covid-19 Wajib Tahu

"Selamat mencoba dan semoga cepat pulih."

Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri wajib tahu bagaimana cara menggunakan Oximeter untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Beberapa hal harus diperhatikan terkait cara menggunakan Oximeter, mulai dari posisi tubuh hingga kuku jari.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Vito Anggarino Damay menyarankan pasien untuk mengukur minimal tiga kali .

“Minimal tiga kali. Pagi siang malam tidak ada jam yang ketat,” katanya seperti dilansir dari Antara, Senin (5/7/2022). 

Menurut Vito, sebaiknya posisikan tubuh dalam keadaan duduk dan kondisi pasien tenang atau rileks saat mengukur. Kondisi flu yang biasanya dialami pasien covid-19 tidak akan mempengaruhi saturasi oksigen.

Untuk informasi, Oximeter adalah alat yang dapat mengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah. Alat ini mampu mendeteksi setiap perubahan pada saturasi oksigen, meskipun dalam kadar kecil.

Oximeter memiliki ukuran kecil dan biasanya digunakan dengan cara dijepit pada salah satu jari tangan. Dengan begitu, penggunaan oximeter tidak membutuhkan jarum suntik maupun sampel darah.

Cara Menggunakan Oximeter

Cara menggunakan oximeter bisa dibilang mudah, yaitu Anda hanya dengan memasangnya di salah satu jari tangan. Otomatis, Oximeter akan mengukur gelombang cahaya yang dipantulkan oleh aliran darah.

Dalam beberapa saat, alat ini akan menunjukkan tingkat saturasi oksigen dalam darah. Hasil pengukurannya akan terlihat dalam satuan persen.

Namun agar mendapatkan hasil yang optimal, alangkah baiknya jika Anda melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Pastikan tidak ada aksesoris di area tangan dan cat kuku pada jari yang akan Anda gunakan untuk pengecekan saturasi oksigen.
2. Kondisi tangan dan jari harus rileks.
3. Kemudian, letakkan alat saturasi dengan posisi yang tepat.
4. Pastikan alat saturasi oksigen menyala hingga tanda pemeriksaan selesai.
5. Segera lepaskan Oximeter saat hasil pemerikasaan sudah muncul.

Perlu diketahui, saturasi oksigen di dalam darah normal apabila hasil angkanya 95-100 persen. Namun jika kurang dari 95%, maka dapat dikatakan saturasi oksigen di dalam darah Anda rendah.

Demikianlah pembahasan terkait bagaimana cara menggunakan Oximeter, semoga artikel ini dapat membantuk Anda yang sedang menjalani isolasi madiri, dan kita doakan Anda cepat sembuh agar bisa beraktivitas seperti semula. Semangat!


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network