Jelaskan Pengertian Teks Ulasan, Berikut Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Jenis-jenisnya

"Pernah dengan kata resensi? Nah, di bawah ini penjelasannya."

Teks ulasan adalah teks yang memaparkan penilaian terhadap suatu objek atau karya. Pembaca bisa menilai kualitas sebuah karya dalam buku atau film. Dalam teks tersebut bisa ditambahkan kekurangan dan kelebihan dalam sebuah karya.

Dalman (2014) mengatakan bahwa teks ulasan merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menilai keunggulan dan kelemahan sebuah buku atau karya.

Sedangkan, Isnatun dan Farida (2013), teks ulasan atau resensi adalah tulisan yang berisi pertimbangan atau penilaian sebuah karya yang dikarang atau diciptakan oleh orang lain.

Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Ulasan juga dapat disebut review.

Teks ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel sehingga teks ulasan juga bisa disebut sebagai artikel ulasan. Teks ulasan dibuat fungsinya untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap sebuah karya atau peristiwa yang diulas.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan atau resensi merupakan review dari hasil satu karya baik itu buku, film, dan lain sebagainya.

Seorang pengulas harus memiliki sifat yang kritis agar hasil ulasannya bisa memberi masukan positif kepada pembuat karya. Berdasarkan hal tersebut, berikut beberapa tujuan mereview hasil sebuah karya:

1. Menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya.
2. Memberikan informasi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya.
3. Membantu pembaca untuk mengetahui isi dari suatu karya.
4. Memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau dibuatkan resensi.
5. Mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenis.
6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
7. Memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan, dan mendiskusikan masalah yang terdapat di suatu karya.
8. Memberikan pertimbangan kepada pembaca, apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.
9. Memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya serupa.
10. Memberi pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih, membeli, dan menikmati suatu karya.

Ciri-Ciri Teks Ulasan
Adapun beberapa ciri dari teks ulasan, berikut uraiannya:

a. Struktur teks ulasannya terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.
b. Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
c. Teks ulasan berisi informasi yang berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
d. Punya nama lain, yaitu resensi.
e. Memiliki penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan suatu karya.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan merupakan yang digunakan untuk membangun resensinya. Berikut urutan struktur teks ulasan yang benar:

1. Identitas Karya
Struktur teks ulasan harus berisi identitas karya, ini meliputi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

2. Orientasi
Orientasi merupakan bagian pertama atau utama yang menerangkan terkait gambaran umum pada suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya yang nantinya akan dibahas.

Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan.

3. Tafsiran
Tafsiran berisi tentang penjelasan detail mengenai sebuah karya yang diulas. Biasanya, tafsiran ini membahas bagian-bagian dalam suatu karya mulai dari, keunikan karya, keunggulan karya, kualitas karya.

4. Evaluasi
Evaluasi adalah bagian yang berisi tentang kritik atau masukan dari pengulas tentang karya yang sedang ia bahas. Pada bagian ini, akan disebutkan juga bagian yang bernilai atau kelebihan dari karya itu maupun bagian yang kekurangan dari karya tersebut.

5. Rangkuman
Rangkuman adalah bagian terakhir dari sebuah resensi karya. Di bagian ini, biasanya berisi kesimpulan atau pendapat dari penulis. Apakah karya tersebut bagus atau jelek, layak dibeli, dibaca dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Teks Ulasan
Adapun jenis-jenis teks ulasan yang terbagi menjadi tiga bagian, antara lain adalah:

1. Teks Ulasan Informatif
Ulasan informatif ini memuat gambaran umum, singkat, dan padat dari sebuah karya yang diulas. Dalam teks ini, isi karya tidak disampaikan secara keseluruhan hanya memaparkan bagian yang penting dan menekankan pada kelebihan serta kekurangan dari hal yang diulas.

2. Teks Ulasan Deskriptif
Ulasan deskriptif memuat gambaran detail dari tiap bagian sebuah karya. Teks ini umumnya dilakukan pada suatu karya fisik untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, serta kekuatan argumentatif yang diungkapkan oleh pengulas.

3. Teks Ulasan Kritis
Jika suatu karya atau produk ingin diberikan suatu kritikan dari pandangan tertentu, teks ulasan inilah yang dimaksud. Dengan catatan, penulis sepenuhnya menggunakan daya analisis secara objektif, bukan subjektif.

Teks ulasan kritis biasanya tidak memihak pada siapa pun dan dapat dijadikan acuan untuk suatu karya karena sifatnya subjektif.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network