Jelaskan Pengertian Hubungan Internasional, Berikut Manfaat, Faktor, dan Pendapat Para Ahli

"Ketahui lebih jauh tentang hubungan internasional, silahkan dibaca yes."

Arti hubungan internasional secara umum adalah kerjasama antar negara, yaitu unit politik yang didefinisikan secara global untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Hubungan Internasional merupakan hubungan antar bangsa, kelomppokkelompok bangsa dan masyarkat dunia, dan kekuatan-kekuatan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara berfikir dan bertindak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hubungan internasional adalah cabang ilmu yang mempelajari interaksi, relasi, dan komunikasi yang terjalin antarnegara, berkaitan dengan kebijakan luar negeri yang meliputi diplomasi, konflik, kesejahteraan, ekonomi, dan perdamaian dunia.

Adapun pengertian lain tentang hubungan internasional ini adalah tentang transaksi lintas batas dari semua jenis politik, ekonomi dan sosial, dan ilmu hubungan internasional juga mempelajari negosiasi perdagangan atau operasi dari institusi atau lembaga non-state.

Suatu negara pasti membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhan politik, ekonomi, sandang, pangan, peralatan militer dan lain sebagianya. Sehingga hubungan ini bisa saling menguntungkan. Itulah alasan mengapa hubungan internasional sangat diperlukan.

Dalam menjalankan hubungan internasional tidak hanya antar negara dengan negara saja atau individu dengan negara tetapi juga antara negara dan organisasi internasional. Hal tersebut dikarenakan keberadaan organisasi internasional telah diakui keberhasilannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Sebagai anggota masyarakat internasional, suatu negara tidak dapat hidup tanpa adanya hubungan dengan negara lain. Hubungan antar negara sangat kompleks sehingga di perlukan pengaturan. Untuk mengaturnya agar mencapai tujuan bersama, negara-negara membutuhkan wadah yaitu Organisasi Internasional.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

1. John Lewis Gaddis

Hubungan internasional ialah suatu bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam bentuk usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.

2. Spengler

Hubungan internasional adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

3. Edward Hallet Card

Hubungan internasional adalah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang untuk menciptakan perdamaian dunia.

4. J.H. Wolfe

Hubungan internasional ialah suatu studi dari suatu pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi, yang di antara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh sebuah elite-elite yang memerintah mereka.

5. John Herz

Hubungan internasional adalah mengidentifikasikan sebagai konsep yang membahas tentang suatu kebijakan luar negeri yang lebih mementingkan keamanan yang menjadi pusat perhatian kepada semua rakyatnya.

Manfaat Hubungan Internasional

Berikut beberapa manfaat adanya hubungan internasional yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lainnya:

- Dapat menurunkan ketegangan dunia dan mengurangi konflik Menjaga keseimbangan hubungan internasional.
- Dapat meningkatkan pembangunan suatu negara di berbagai sektor.
- Mampu menyelesaikan permasalahan internasional.
- Dapat membantu proses pembangunan nasional untuk mencapai tujuan nasional.

Faktor-Faktor yang Menjadi Pemicu Terbentuknya Hubungan Internasional

Melansir dari buku “Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2”, terbentuknya hubungan internasional dipengaruhi oleh faktor internal dan eskternal. Agar lebih jelas, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Faktor Internal

Artinya, suatu negara merasa khawatir terhadap kelangsungan hidupnya. Contoh paling bagus adalah ada suatu negara yang merasa terancam sehingga mendapatkan kudeta atau intervensi dari negara lain.

Faktor internal bisa bersifat ekonomi, politik, kultural, dan keamanan. Pada faktor internal ini, dijelaskan tentang kepentingan suatu negara yang belum terpenuhi. Faktor tersebut yang membuat suatu negara membuka diri untuk melakukan hubungan politik agar mendapatkan dukungan dari negara lain.

2. Faktor Eksternal

Menjelaskan suatu negara, yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerjasama dan bantuan dari negara lain. Faktor ini menjelaskan perbedaan dan kemampuan suatu negara.

Perbedaan yang dimaksud seperti penguasaan ilmu pengetahuan, iklim, tenaga kerja, dan budaya yang bisa mempengaruhi faktor eksternal. Sehingga faktor eksternal membutuhkan hubungan internasional untuk mewujudkan dunia yang tertib, aman, damai, dan sejahtera.

Demikianlah penjelasan terkait hubungan internasional, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network