Jelaskan Pengertian Bola Voli, Sejarah, Teknik, Peraturan, Serta Ukuran Lapangannya

"Pahami lebih dalam tentang bola voli di sini"

Bola voli adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), memaparkan bahwa bola voli adalah sebuah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam sebuah lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net.

Aturan dalam permainannya setiap tim memiliki kesempatan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola, dan bola harus melewati net serta jatuh menyentuh lantai lawan.

Mahfud Irsyada mengatakan bahwa bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan dua tim, dan masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

Sejalan dengan itu, Aip Syaifudin menjelaskan bahwa bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain.

Setiap regu dalam permainan bola voli akan berupaya untuk memukul jatuh bola ke area lapangan lawan melalui bagian atas net.

Bagaimana sejarah bola voli itu ada, seperti apa teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain voli, dan apa saja peraturan dalam bola voli tersebut. Maka, simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berdasarkan situs resmi Federation Internationale de Volleyball (FIVB), permainan bola voli pertama kali di temukan pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

William George Morgan adalah sosok pencipta dari permainan bola voli. Willian George Morgan merupakan seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christian Association (YMCA).

Pada awal mulanya, permainan bola voli ini bernama Mintonette. Lalu, nama Mintonette diubah menjadi volleyball (bola voli) pada tahun 1896.

Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMC) mengundang dan meminta Morgan untuk melakukan demonstrasi permainan Mintonette.

Setelah melakukan demonstrasi permainan Mintonette, Profesor Alfred T. Halstead mengusulkan nama permainan tersebut diubah menjadi permainan bola voli.

Pada saat itu, William G. Morgan dan peserta konferensi menyetujui usulan Alfred tersebut. Kemudian William G. Morgan menyusun sebuah buku yang berisikan peraturan permainan bola voli.

Peraturan tersebut diterbitkan pada Juli 1896, dan dimasukkan dalam peraturan Liga Atletik YMCA Amerika Utara, pada 1897.

Teknik Dasar Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli:

1. Servis

Servis dalam permainan bola voli adalah pukulaan pembuka untuk memulai sebuah pertandingan. Ada dua jenis servis dalam permainan bola voli, antara lain:

a. Servis Atas

Servis atas dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas, lalu memukulnya sambil melompat dan mengayunkan tangan dari bawah ke atas.

b. Servis Bawah

Servis bawah dilakukan dengan cara menarik salah satu lengan ke belakang lalu memukul bola menggunakan tangan.

2. Passing

Ada dua jenis teknik passing dalam permainan bola voli, antara lain:

a. Passing Atas

Passing atas dilakukan dengan posisi tangan mengarah ke atas dan telapak tangan terbuka ketika memberikan bola.

b. Passing Bawah

Passing bawah dilakukan dengan cara posisi tubuh setengah jongkok, lutut ditekuk, kedua tangan dirapatkan lurus. Saat ada bola datang, gerakkan lengan ke atas condong ke depan menanti bola.

3. Smash

Smash dalam permainan bola voli adalah mengembalikan atau memukul bola secara keras ke daerah lawan dengan tujuan mendapat poin.

4. Blocking

Blocking merupakan teknik yang digunakan untuk menahan serangan lawan. Dalam permainan bola voli, block dilakukan agar smash dari pemain lawan tidak menghasilkan poin.

Peraturan Permainan Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Bola voli dimainkan oleh dua tim
2. Anggota setiap tim adalah enam orang
3. Pemain libero menggunakan seragam yang berbeda
4. Servis dilakukan dari luar garis lapangan
5. Bola servis harus melewati atas net
6. Bola dinyatakan keluar jika keluar garis lapangan
7. Bola dianggap masuk apabila menyentuh lantai lapangan dan masih berada dalam garis lapangan
8. Semua anggota tubuh dapat digunakan untuk memantulkan atau memukul bola
9. Permainan bola voli berlangsung 2 sampai 3 set
10. Satu set dimenangkan oleh tim yang mencapai skor 25 lebih dulu

Ukuran Lapangan Bola Voli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini ukuran lapangan bola voli berdasarkan standar FIVB selaku Federasi Bola Voli Internasional:

- Lebar: 9 meter
- Panjang: 18 meter
- Batas serang pemain belakang dari garis tengah: 3 meter
- Garis tepi lapangan: 5 meter
- Tinggi net putra: 2,43 meter
- Tinggi net putri: 2,24 meter
- Lebar net: 1 meter
- Jarak tiang net ke garis tepi lapangan: 0,5 - 1 meter.

Itulah ulasan mengenai sejarah, teknik dasar, peraturan, serta ukuran lapangan dalam permainan bola voli. Semoga bermanfaat untuk anda yang membaca. 


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network