Cara Menggunakan Google Meet di HP dan Laptop, Cukup Mudah

"Selamat Praktek!"

Cara menggunakan Google Meet mungkin masih ada yang belum paham, atas dasar itulah artikel ini hadir dengan tujuan menjawab kebinungan kalian.

Saat ini banyak aplikasi telekonferensi yang digunakan untuk meeting atau video online, salah satunya adalah Google Meet.

Google Meet adalah aplikasi untuk melakukan konferensi percakapan baik secara video dan audio online. Sebuah aplikasi yang dibuat langsung oleh Google. Untuk menggunakan aplikasi ini sebenarnya mudah, Anda hanya memerlukan akun Gmail saja. Aplikasi ini dapat menampung lebih dari 100 orang.

Google Meet banyak digunakan oleh masyakarat di masa pandemi, entah untuk meeting di pekerjaan, kegiatan belajar mengajar, bahkan hanya untuk saling sapa dengan kawan lama.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Meet di HP ataupun laptop, berikut penjelasan selengkapnya:

1. Unduh Aplikasi di Google Play Store atau Apps Store

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi terseut dengan cara search “Google Meet” di Play Store, lalu klik unduh dan tunggu hingga selesai terinstalasi.

2. Sign Up/Login ke Aplikasi Google Meet

Langkah kedua adalah login ke Google Meet. Gunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya atau bisa juga membuat akun baru dengan memasukkan alamat email. Otomatis Anda bisa langsung menggunakan fitur di Google Meet.

3. Lakukan Pilihan Meeting

Untuk memulai meeting maka Anda hanya perlu mengklik ikon '+' yang ada di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu pilih New Video Call maka Anda bisa langsung menjadi host di sebuah meeting.

4. Tambah Peserta/Partisipan

Jika Anda ingin menambahkan seseorang saat meeting, Anda bisa menghubungkan langsung nomor HP peserta atau Email pesertanya. Namun, apabila Anda ingin join atau bergabung dengan meeting lain, cukup lakukan login dengan link dan password yang disediakan.

Cara Menggunakan Google Meet Lewat Laptop/PC

Berbeda dengan handphone, pengguna PC atau komputer bisa menikmati layanan Meet tanpa harus memasang aplikasi.

Bagaimana caranya? Pengguna cukup mengakses situs meet.google.com dari peramban (browser). Lalu, masuk ke layanan Meet menggunakan akun Google masing-masing.

Google Meet Bisa Diakses Lewat Gmail Android dan iOS Tak lama kemudian, halaman utama layanan Meet versi desktop pun akan muncul.

Pada tampilan ini, klik tombol "Start a meeting" untuk membuat ruangan virtual baru dan izinkan Meet untuk mengakses mikrofon dan kamera. Setelah itu, klik tombol "Join now" untuk beralih ke ruangan virtual yang sudah dibuat.

Di tampilan ini, pengguna juga bisa mengundang teman yang ingin diajak video online melalui akun Google. Tidak hanya itu Anda juga bisa mengirim pesan kepada partisipan, membagikan layar atau slide presentasi yang sudah dibuat, membagikan tautan ruangan rapat dan lain sebagainya.

Akan tetapi, apabila Anda tidak ingin menggunakan ruang meeting dan hanya ingin menjadi peserta, Anda bisa membuka kembali situs meet.google.com kemudian masukkan kode yang telah diberikan host ke kolom yang disediakan.

Tidak ada sistem yang sempurna, begitu juga dengan aplikasi Google Meet. berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Google Meet, diantaranya:

Kelebihan:

• Bisa menampung lebih dari 250 peserta ketika melakukan meeting.
• Anda bisa dengan mudah membagikan layar dan melakukan presentasi.
• Tersedia fitur video call dan audio call secara gratis.
• Privasi pengguna sudah dipastikan aman oleh Google sebagai penyedia layanan sekaligus developer Google Meet.
• Terhubung langsung dengan G-Suite atau akun Google yang digunakan oleh penggunanya.
• Melakukan meeting secara real time.

Kekurangan:

• Perekaman sangat terbatas.
• Tidak ada fitur untuk mengganti background agar tampilan layar lebih baik.
• Ketika perekaman meeting teks yang dituliskan biasanya akan hilang.
• Merupakan aplikasi yang berbayar.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network