Jelaskan Pengertian Perdagangan Internasional, Berikut Bentuk, Tujuan, dan Manfaatnya

"Kenapa Sih Sebuah Negara Melakukan Interaksi Perdagangan dengan Negara Lain? Begini Penjelasannya."

Apa itu perdangangan internasional? perdagangan internasional adalah suatu interaksi antar negara dalam bentuk jual-beli barang maupun jasa yang didasari kesepakatan bersama.

Kerjasama internasional di bidang perdagangan bukanlah hal yang baru, namun sudah ada sejak abad pertengahan.

Mengkutip dari Artikel Fakultas Ekonomi dan Bisnis, hubungan ekonomi antar negara tersebut meliputi tiga bentuk hubungan, diantaranya:

1. Pertukaran hasil atau output dari sebuah negara dengan negara lain, atau yang kita kenal dengan perdagangan internasional
2. Hubungan dalam bentuk hutang piutang antar negara
3. Pertukaran atau aliran produksi atau sarana produksi

Adapun tujuan perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product) atau total nilai produksi barang dan jasa di dalam suatu negara selama satu tahun.

Dampak yang ditimbulkan dari perdagangan internasional dapat dirasakan dari segi kepentingan sosial, politik dan ekonomi untuk membantu mendorong kemajuan industrialisasi, transportasi, globalisasi dan hadirnya perusahaan multinasional.

Secara umum, perdagangan bisa diartikan sebagai proses tukar menukar yang terjadi atas dasar kesepakatan bersama dari pihak yang terlibat di dalamnya.

Pasalnya, negara-negara di dunia belum mampu memproduksi semua barang dan kebutuhan sendiri, tentu mereka masih membutuhkan kerjasama atau bantuan dari negara lain.

Proses inilah yang kemudian menjadi perdagangan antar negara, atau biasa dikenal dengan kegiatan ekspor impor dan bisa dikatakan sebagai perdagangan internasional.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan satu negara dengan negara lain, dimana hal ini terjadi sebagai akibat keterbatasan sumber daya yang ada negara tersebut.

Perdagangan antar negara memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan suatu negara yang tidak dapat diproduksi di negara tersebut, entah itu karena adanya keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, ataupun skill.

Kedua pihak tersebut bisa antar perorangan (individu dengan individu), antar individu dengan pemerintah sebuah negara, atau antar pemerintah dari masing-masing negara.

Maka dari itu, perdagangan antar negara memungkinkan terjadinya:

• Jual-beli atau tukar-menukar barang dan atau jasa antar negara
• Kerja sama di bidang ekonomi antar negara di seluruh dunia
• Pengaruh terhadap perkembangan ekspor dan impor serta Balance of Payment/ Neraca Pembayaran Internasional (NPI) suatu negara
• Pertukaran dan perluasan penggunaan teknologi sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi negara yang terlibat di dalamnya
• Pergerakan sumber daya melalui batas negara, baik sumber daya manusia, sumber daya alam, maupun sumber daya modal

TUJUAN PERDANGANGAN INTERNASIONAL

Lalu, apa tujuan dilakukannya perdagangan internasional? Berikut penjelasannya.

1. Menaikkan Devisa Negara

Cara menaikkan devisa negara yakni melalui pertukaran perdagangan dengan cara mengimpor maupun mengekspor barang yang ada di dalam ke luar negeri dan begitu pula sebaliknya. Apabila devisa negara meningkat, maka akan menyebabkan beberapa hal ini.

2. Pertumbuhan Ekonomi

Seiring meningkatnya kebutuhan akan satu negara, maka lapangan pekerjaan akan makin meningkat dan ini bisa dimanfaatkan oleh warga negara masing-masing.

3. Harga Barang Ekspor Makin Stabil

Pemerintah akan melakukan cara untuk mempertahankan harga ketika inflasi semakin tinggi. Inflasi merupakan peningkatan ketersediaan uang, yang dapat menaikkan harga barang.

4. Munculnya Tenaga Kerja Baru

Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di suatu negara dapat membuat perusahaan pengekspor akan menerima banyak pesanan, sehingga perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja tambahan agar dapat menyelesaikan pesanan permintaan konsumen.

5. Dapat Memenuhi Kebutuhan Negara Lain

Indonesia merupakan negara dengan rempah-rempah terbanyak, berbeda dengan negara-negara dari benua Amerika atau pun Eropa. Maka dari itu, negara Amerika dan Eropa akan memenuhi kebutuhan pangan nabatinya dengan cara mencari di Indonesia.

6. Saling Transfer Teknologi Modern

Perdagangan internasional juga dilakukan demi memperoleh keuntungan dalam hal teknologi modern yang tidak bisa atau belum diproduksi atau diperoleh dari dalam negeri, sehingga membutuhkan kerja sama dengan pihak luar. Contoh paling bagus di sini adalah ketika Indonesia mengimpor Vaksin Covid-19 dari China.

MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Ketika sudah ada tujuan, sekarang apa sih manfaat melakukan perdagangan internasional bagi sebuah negara? Nazarudin Malik telah mengungkapkan manfaat perdagangan internasional, diantaranya:

1. Membentuk Hubungan Persahabatan Antar Negara

Dengan menjalin kerja sama antar negara, maka negara tersebut dapat membentuk relasi persahabatan dengan negara lain. Terbentuknya persahabatan antar negara tersebut juga memungkinkan perluasan kerja sama di bidang atau sektor lain seperti bidang budaya, politik hingga militer.

2. Dapat Menciptakan Efisiensi Serta Spesialisasi

Perdagangan internasional dapat membuat suatu negara memiliki spesialisasi di satu bidang ekonomi. Artinya, negara yang membangun kerja sama tersebut akan memiliki penduduk yang mempunyai keahlian khusus serta berbeda dari negara. Sehingga dapat menghasilkan produk maupun jasa yang bernilai jual dan dapat di ekspor ke negara lain.

3. Dapat Meningkatkan Kemakmuran Negara

Kegiatan perdagangan internasional dapat membawa kemakmuran pada suatu negara yang menyetujui kerja sama tersebut. Indikator kemakmuran tersebut dapat dilihat melalui aktivitas pelaku ekonomi yang meliputi produsen, pemerintah serta konsumen.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network