Pasang Jebakan Bubu di Sungai Kecil, Pria Ini Panen Puluhan Ikan Lele

"Setelah diangkat bubu tersebut, terlihat banyak ikan yang terperangkap didalamnya. Bubu ini terbuat dari kawat yang berbentuk persegi panjang. Ikan yang ada di dalam bubu ini merupakan jenis ikan lele."

Menangkap ikan bisa dengan menggunakan di pancing, di jaring atau menggunakan perangkap ikan, salah satu perangkap yang sering dipakai oleh masyarakat adalah bubu ika. Bubu ikan adalah perangkap untuk menangkap ikan tanpa harus merusak ekosistem yang ada di perairan.

Memiliki bentuk kurungan layaknya ruang tertutup. Prinsip dasar dari bubu adalah menjebak penglihatan ikan sehingga ikan terperangkap tidak dapat keluar. Cara menggunakan bubu ini diletakkan pada jalur stategis yang biasa dilalui ikan. Bubu kemudian didiamkan selama satu malam atau satu hari. Keesokan harinya, warga yang memasang bubu baru Kembali untuk mengangkat bubu dengan sejumlah ikan yang sudah terperangkap di dalamnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CbojmqbAvQc/

Hal ini dilakukan pula oleh seorang pria pada video yang diunggah oleh akun isntagram @gofishingindonesia. Dalam video terlihat seorang pria berbaju biru sedang mengambil bubu yang sudah ia pasang di sungai. Di atas bubu di letakkan dedaunan seolah-olah semak untuk mengelabuhi ikan.

Setelah diangkat bubu tersebut, terlihat banyak ikan yang terperangkap didalamnya. Bubu ini terbuat dari kawat yang berbentuk persegi panjang. Ikan yang ada di dalam bubu ini merupakan jenis ikan lele.

Tidak diketahui di mana lokasi penangkapan ikan menggunakan alat tradisional bubu ini. Namun daru video tersebut dapat disimpulkan ada cara aman dan tradisional yang bisa kita gunakan untuk menangkap ikan tanpa merusak ekosistem dan populasi ikan kecil. Seperti menyetrum ikan yang banyak dilakukan diberbagai daerah di Indonesia.

Menyetrum ikan mengakibatkan ikan-ikan kecil mati sehingga populasi ikan bisa menjadi punah. Padahal ikan-ikan kecil ini adalah sumber makanan ikan besar lainnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CbojmqbAvQc/

Video yang berdurasi 58 detik ini viral, mendapatkan like 6.808 dan beberapa komen warganet yang memuji cara untuk menangkap ikan yang digunakan pria ini.

"Kalo banyak nya begitu mah baik di pancing aja asik tapi kalo niat nya buat pekerjaan ya gpp yg penting jngn lngsung main setrum atau racum,kasian yg kecil kecil gak ke ambil mati sia sia dan ikan lngsung langka,,,salam toleransi fishing nusantara," tulis akun @totoms250.

"Kalau lihat suasana sungai nya jauh dari tukang strum sama jarang di potasium beda sama di daerah Jawa hampir semua tempat nggak ada sisa," tulis akun @aringgi_jr.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CbojmqbAvQc/

"Waoo. penangkapan yg alami.5 kg ada itu," tulis akun @sriaryanikalangan.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network