Pendaki Gunung Ini Bertemu Macan Tutul di Atas Pohon

"Seorang pendaki gunung mendapati bahaya yang mengancam nyawa. Pendaki gunung ini bertemu dengan macan tutul yang berada di atas pohon."

Seorang pendaki gunung mendapati bahaya yang mengancam nyawa. Pendaki gunung ini bertemu dengan macan tutul yang berada di atas pohon.

Macan tutul tersebut nampak tenang di atas pohon. Hewan buas ini nampak tak terusik dengan keberadaan pendaki yang merekam dari bawah pohon dan semak-semak.

Video tersebut diunggah oleh akun @jejak_pendaki di Instagram. Di tayangan itu nampak macan tutul tengah memanjat dahan. Terdengar sesekali,  suara macan ini mengaum.

"Langkah pertama kalian bakal ngapain? Mau lari, larinya kencengan dia. Manjat pohon, dia lebih jago. Ajak baku hantam, insecure sama kuku dan giginya," tulis @jejak_pendaki membayangkan bilamana berhadapan dengan macan tutul di alam terbuka.

Macan tutul dikenal juga dengan sebutan harimau dahan. Pasalnya ia memiliki kemampuan lebih dalam memanjat. Beberapa subspesies dari macan tutul seperti macan kumbang dari Indonesia terancam punah.

Macan rutul merupakan pemburu oportunitis, yang menggunakan segala kesempatan untuk mendapatkan mangsanya. Mereka memakan hampir segala mangsa dari berbagai ukuran. Mangsa utamanya terdiri dari aneka hewan menyusui, binatang pengerat, ikan, burung, monyet, dan binatang-binatang lain yang terdapat di sekitar habitatnya.

Pada umumnya, Macan tutul menghindari manusia. Namun macan yang kurang sehat, kelaparan atau terluka sehingga tidak dapat berburu mangsa yang biasa, dapat memangsa manusia. 

Di laman wikipedia, disebut salah satu peristiwa mengenai seekor macan tutul jantan di Rudraprayag memangsa lebih dari 125 jiwa. Selain itu seekor macan tutul betina yang disebut "Macan Tutul Panar" memangsa lebih dari 400 jiwa pada awal abad ke-20 di India.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network