Apa yang Terjadi di Berau Kaltim? Gempa, Tensor G4, dan Banjir Rob Supermoon!

"Berau Kaltim alami 18 gempa beruntun, Tensor G4 dari Google tidak optimal, dan banjir rob supermoon mengancam pesisir."

Daftar Isi

  1. 1. 18 Gempa Beruntun di Berau Kaltim
  2. 2. Performa Tensor G4 Milik Google
  3. 3. Waspada Banjir Rob Supermoon

1. 18 Gempa Beruntun di Berau Kaltim

Dalam beberapa waktu terakhir, Kabupaten Berau di Kalimantan Timur mengalami serangkaian gempa yang cukup mengkhawatirkan. Pada malam Ahad, 15 September 2024, gempa bermagnitudo 5,5 terjadi pada pukul 20.08 WIB dan diikuti oleh 18 kali lindu susulan hingga pagi hari berikutnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa episentrum gempa terletak sekitar 145 kilometer tenggara Berau dengan kedalaman 11 kilometer. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyatakan bahwa kejadian ini mengingatkan pada gempa besar yang terjadi pada tahun 1921.

2. Performa Tensor G4 Milik Google

Chipset Tensor G4 yang baru diluncurkan oleh Google dalam seri Pixel 9 ternyata tidak memenuhi ekspektasi. Dalam hasil benchmark, performanya bahkan kalah dari Snapdragon 8 Gen 1 yang dirilis pada tahun 2021. Meskipun ada peningkatan dibandingkan pendahulunya, Tensor G3, selisihnya hanya sekitar 7 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Google masih tertinggal dalam hal kinerja dibandingkan dengan chipset lain yang ada di pasaran saat ini.

3. Waspada Banjir Rob Supermoon

Pada Rabu, 18 September 2024, fenomena Supermoon diperkirakan akan menyebabkan banjir rob di pesisir Indonesia. Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi, yang dikenal sebagai perigee, sehingga pasang maksimum akan meningkat. BMKG juga telah memberikan peringatan tentang potensi banjir rob di beberapa wilayah pesisir, termasuk Sumatera Utara, Jakarta, dan Kalimantan Timur. Selain itu, Supermoon kali ini juga bertepatan dengan gerhana bulan parsial yang dapat terlihat di beberapa negara lain, meskipun tidak di Indonesia.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network