Mengapa Ponsel dan Komputer Kamu Melambat Setiap Tahun?

"Temukan penyebab dan solusi untuk masalah kinerja ponsel dan komputer yang melambat seiring waktu."

Mengapa Ponsel dan Komputer Kamu Melambat Setiap Tahun?

Daftar Isi

  1. 1. Pembaruan Sistem Operasi dan Kebutuhan Sumber Daya
  2. 2. Ruang Penyimpanan Berantakan
  3. 3. Perangkat Terserang Malware

1. Pembaruan Sistem Operasi dan Kebutuhan Sumber Daya

Apakah ponsel atau komputer kamu mulai terasa lamban akhir-akhir ini? Seiring berjalannya waktu, perangkat cenderung sedikit melambat. Masalah ini bisa disebabkan beberapa faktor. Saat pertama kali membuka kotak ponsel, laptop, atau gadget lainnya, semuanya berjalan lancar. Namun, seiring waktu, pembaruan sistem operasi dan aplikasi baru yang dirilis seringkali memerlukan lebih banyak sumber daya. Hal ini membuat perangkat lama kesulitan untuk mengikutinya.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu coba untuk meningkatkan perangkat yang lemot. Meningkatkan RAM atau penyimpanan dapat memberi PC kesempatan baru pada kecepatan kinerja. Kamu juga dapat melewatkan pembaruan jika menghambat kinerja perangkat.

2. Ruang Penyimpanan Berantakan

Sangat mudah untuk mengunduh aplikasi sesuka hati hanya untuk mencobanya tetapi kemudian melupakannya. Kebiasaan ini akan memengaruhi ruang penyimpanan di ponsel. Aplikasi yang tidak digunakan akan memakan ruang penyimpanan dengan beberapa berjalan di latar belakang dan menggunakan sumber daya ponsel bahkan saat kamu tidak menggunakannya.

Menghapus data aplikasi yang di-cache adalah salah satu cara untuk mengosongkan ruang dan mempercepat pemulihan. Jika masih berjalan lambat setelah itu, reset pabrik akan menghapus sepenuhnya bersih, dapat membantu menyelesaikan masalah kinerja dari semua sampah yang menumpuk.

3. Perangkat Terserang Malware

Malware dapat dengan mudah menyusup ke dalam gadget. Para peretas merancang malware yang disusupkan di latar belakang aplikasi, tanpa menggunakan sumber daya. Dalam hal ini, kamu harus melakukan pemindaian malware secara teratur menggunakan perangkat lunak antivirus terkemuka. Kinerja yang terasa lebih lambat, peningkatan penggunaan data yang tiba-tiba, pop-up aneh, atau pengurasan baterai yang lebih cepat semuanya bisa menjadi tanda bahwa malware telah menginfeksi sistem kamu.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network