Warung Ini jual Mendoan Goreng Raksasa, Ada yang Warna Pink Juga

"Mendoan raksasa ini jadi inovasi kudapan khas daerah"

Mendoan merupakan kudapan khas kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kudapan dari kedelai yang bentuknya pipih tipis ini umumnya diolah dengan dibaluri tepung berbumbu dan digoreng setengah matang atau dalam sebutan lokal yakni mendo.

Sebagai kuliner lokal khas daerah di Banyumas, mendoan mudah diperoleh mulai di pedagang makanan kaki lima sampai hotel bintang lima. Mendoan dalam penyajiannya juga telah mengalami berbagai inovasi.

Salah satu inovasi penyajian mendoan, diunggah oleh akun @vynamonicca yang mempublikasikan mendoan raksasa. Terekam di video, mendoan berukuran 57 cm x 38 cm tengah dimasukkan ke penggorengan. Mendoan tersebut diklaim sebagai mendoan terbesar di dunia.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/vynamonicca/

"KALIAN BERANI COBA GAK?? 😱 MENDOAN TERBESAR SE-DUNIAAAAAA," tulis @vynamonicca di narasi unggahannya.

Mendoan raksasa itu, dijelaskan oleh perekam video memiliki 3 varian. Pertama, mendoan original. Kedua, mendoan pinky boy yang berwarna pink dengan pewarnaan dari buah naga. Ketiga, mendoan raksasa bakar.

"Tetap gurih, enak, dimakan pakai bumbu kacang," ujar perekam video sembari memperlihatkan seorang perempuan tengah memakan bagian potongan mendoan raksasa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/vynamonicca/

Video mendoan raksasa tersebut telah ditonton sebanyak 32 ribu kali tayangan. Video ini mendapat berbagai komentar dari warganet.

"Mkn gorengan segitu bisa" kena klestrol, mkn gorengan 3aja pening, klo bkin mendoan sendri y enk yg kering bnyakin daun bawang wenak pokoknya," komentar @yuliani_2321.

"Aku suka mendoan yg kering, kriuk renyah..bukan yg kepleh² kek kerupuk kesiram kuah..," ujar @moestichaa.

"Percayalah tempe mendoan paling enak itu yang bungkusnya pake daun pisang, bukan plastik," kata @nida_khsnh.


Baca Berita yang lain di Google News



Our Network