Mau Mangsa Piton, Burung Elang Ini Malah Kalah dan Lemas Dibelit Di Atas Pohon

"Akhirnya, sang elang pun tampak lemas tak berdaya, terpojok, dan tak bisa berkutik saat seluruh tubuhnya dililit oleh sang piton."

Viral | 12 March 2023, 04:51
Mau Mangsa Piton, Burung Elang Ini Malah Kalah dan Lemas Dibelit Di Atas Pohon

TamanPendidikan.com - Di alam liar, elang dan ular adalah musuh bebuyutan. Keduanya sering ditemukan sedang terlibat dalam pertarungan sengit untuk membuktikan siapa yang layak dianggap sebagai predator puncak. Seperti yang disebutkan dalam laman Kompas.com, seekor burung pemangsa adalah salah satu makhluk paling mematikan bagi seekor ular. Dan burung elang besar menempati urutan teratas sebagai burung pemangsa itu.

Biasanya, seekor elang akan mengintai ular dari kejauhan, lalu menukik ke bawah dan menyambar ular itu dengan menggunakan cakarnya. Serangan itu cenderung menyebabkan tengkorak ular hancur atau kepala terpenggal.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=a7-sJOvSNPE

Bukti nyata kalau elang 'hobi' memangsa ular dapat disaksikan pada Channel Youtube CRC CHANNEL. Melalui tayangan video itu, warganet dapat menyaksikan detik-detik seekor elang yang berukuran cukup besar tengah berburu mangsa. Burung elang memang dikenal sebagai pemburu yang sangat handal. Hewan yang masuk dalam pantauannya, pasti akan dijadikan target untuk dimangsa. Tak terkecuali seekor ular piton yang tengah nangkring di atas pohon.

Karena merasa sangat lapar, sang elang pun langsung menyerang ular piton yang tengah bersantai di atas pohon itu. Dengan mengandalkan cengkraman kakinya yang kuat, sang elang berusaha menjegal ular agar tak banyak bergerak sekaligus berusaha untuk langsung  mencabik-cabik bagian tubuh sang ular hingga kesakitan.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=a7-sJOvSNPE

Merasa dirinya dalam bahaya, ular piton yang berukuran sedang itu pun langsung berusaha melindungi dirinya dengan melilitkan tubuhnya pada sang elang. Salah seorang turis yang menyaksikan kejadian itu dilaporkan berhasil mengabadikan momen langka tersebut. Kedua hewan itu pun saling beradu kekuatan dan menahan kesakitan.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=a7-sJOvSNPE

Akhirnya, sang elang pun tampak lemas tak berdaya, terpojok, dan tak bisa berkutik saat seluruh tubuhnya dililit oleh sang piton. Bagaimanapun juga, semua orang tahu kalau seekor piton memiliki kemampuan membelit mangsa atau musuhnya dengan begitu kuat hingga memungkinkan mereka mati lemas tak berdaya. Pun demikian dengan yang terjadi pada elang dalam video.

Beruntungnya, elang dalam video itu masih bisa selamat di akhir video. Entah apa yang terjadi di antara elang dan piton itu. Tetapi intinya, saat turis yang mengabadikan momen itu kembali, terlihat elang sudah bisa terbang lagi dan piton sudah pergi entah ke mana.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/watch?v=a7-sJOvSNPE

Perlu diketahui bahwa kejadian ini terjadi bukan di Indonesia melainkan di suatu negara wilayah Afrika. Ular piton memang dikenal sebagai ular yang tak berbisa, tetapi lilitannya yang sangat kuat selalu mampu melumpuhkan mangsa dengan begitu mudahnya. Semakin mangsa tersebut melawan, maka lilitannya pun akan semakin kencang. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network