Mengejutkan, Semut Ini Sukses Kalahkan Ular Kobra

"Ngerii bangat kan guyss, semut-semut ini!"

Edukasi | 18 February 2023, 03:51
Mengejutkan, Semut Ini Sukses Kalahkan Ular Kobra

TamanPendidikan.com - Semut merupakan hewan kecil yang mungkin tidak ada yang harus ditakuti darinya. Jika dibandingkan dengan ular Kobra, sudah jelas bahwa semut pasti kalah dari segi manapun karena ular memiliki tubuh yang lebih besar.

Eits jangan salah, ternyata Semut juga bisa mengalahkan ular lho. Jika penyerbuan Semut yang jumlahnya bisa mencapai ratuan ribu per koloni menyerang ular, ternyata bisa membuktikan bahwa hewan segede ular bisa mereka taklukkan.

Beberapa jenis semut, seperti semut merah dan semut hitam, memiliki kemampuan untuk menang lawan ular. Ini terjadi karena semut memiliki mekanisme pertahanan yang sangat terorganisir dan efektif, terutama ketika mereka bekerja sama sebagai kelompok.

Seperti yang diunggah oleh akun YouTube Kehidupan Alam memperlihatkan seekor ular berukuran besar yang diserbu ribuan semut.

Secara bersama-sama semut tersebut langsung naik ke badan si ular dan menggigitnya dengan bergantian. Ular tersebut pun berusaha untuk melepaskan diri dari sergapan semut, namun sayang ia gagal. Tak pelak, video tersebut mendapat berbagai respon dari netizen.

https://youtu.be/A12-xC6me_Y

“Inilah bukti kalau bekerjasama lebih mudah daripada sendirian”, tulis @Volvox

“Kok Gw Merinding ya”, tulis @fidelio darel.

“3 hari aja kyk gt ular ny tinggal tengkorak aj..” tulis @Andre Van Hougteen.

Video tersebut hingga kini telah ditontoh lebih dari 93ribu kali dan mendapatkan 52 komentar. Sebagai informasi, semut bisa menang lawan ular karena beberapa hal, diantaranya:

1. Jumlah

Semut seringkali menyerang ular dalam kelompok yang besar, dengan jumlah bisa mencapai ribuan atau bahkan jutaan semut. Jumlah ini dapat membuat ular kesulitan untuk bertahan karena ular dapat terlalu banyak diserang sekaligus.

2. Pertahanan Kimia

Semut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan zat kimia yang dapat mengiritasi kulit atau menghasilkan rasa sakit yang sangat kuat. Beberapa jenis semut bahkan dapat memuntahkan asam format ke arah musuh mereka, yang dapat merusak kulit atau mata. Kemampuan ini dapat digunakan untuk memperlambat atau menghentikan serangan ular.

3. Kecepatan

Semut biasanya bergerak dengan cepat dan dapat menghindari serangan ular dengan mudah. Selain itu, semut juga dapat menyerang dengan cepat, sehingga ular memiliki sedikit waktu untuk bereaksi.

4. Ukuran

Meskipun semut jauh lebih kecil daripada ular, beberapa jenis semut memiliki mandibula yang kuat dan tajam yang dapat melukai atau bahkan membunuh ular


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network