Tak Banyak Tahu, Ini Fungsi Air Liur dari King Kobra

"Simak penjelasan di bawah ini!"

Edukasi | 14 February 2023, 05:00
Tak Banyak Tahu, Ini Fungsi Air Liur dari King Kobra

TamanPendidikan.com - Secara umum, air liur king kobra adalah untuk melembabkan mulut dan tenggorokan sehingga mereka dapat menelan mangsa dengan lebih mudah.

Namun, perlu diingat bahwa air liur king kobra mengandung racun yang sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi manusia jika tergigit.

Maka dari itu, kita harus selalu berhati-hati dan menghindari kontak dengan king kobra atau ular berbisa lainnya demi keselamatan jiwa.

Isi racun king kobra sendiri terdiri dari campuran protein dan peptida yang mengandung neurotoksin, kardiotoroksin, dan sitotoksin.

Neurotoksin adalah jenis racun yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan, sedangkan kardiotoroksin adalah jenis racun yang menyerang sistem kardiovaskular dan dapat menyebabkan gagal jantung.

Sitotoksin adalah racun yang dapat merusak jaringan dan memicu peradangan. Racun king kobra juga dikenal sebagai racun neurotoksin presinaptik, yang berarti racun ini menyerang bagian presinaptik atau ujung saraf motorik, sehingga memblokir pengiriman sinyal dari saraf ke otot. Hal ini mengakibatkan kelumpuhan dan kematian mangsa.

Sifat racun king kobra yang sangat toksik dan mematikan membuat ular ini dianggap sebagai salah satu hewan paling berbahaya di dunia.

Penting kita ketahui beberapa fungsi dari air liur king kobra yang mungkin jarang di ketahui, simak penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Air Liur King Kobra

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pada dasarnya selain untuk melembabkan, air liur dari king kobra juga memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah:

1. Berfungsi sebagai pelumas

Air liur membantu dalam proses menelan mangsa yang lebih besar dari diameter tubuh ular, sehingga mangsa dapat meluncur lebih mudah ke dalam saluran pencernaan.

2. Membantu dalam proses mencerna makanan

Air liur dari king kobra mengandung enzim yang membantu memecah dan mencerna makanan yang dimakan oleh ular tersebut.

3. Mengatur suhu tubuh

Saat king kobra mengeluarkan air liur, uap air akan menguap dari permukaan air liur dan membantu menurunkan suhu tubuh ular pada saat suhu lingkungan yang panas.

4. Sebagai senjata pertahanan

Air liur king kobra mengandung zat yang beracun dan dapat digunakan untuk melumpuhkan atau membunuh mangsa, atau sebagai alat pertahanan diri jika ular merasa terancam.

Itulah beberapa fungsi dari air liur king kobra yang mungkin jarang kita ketahui, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network