Fakta Ular King Kobra Jantan, Saling Bunuh Demi dapat Pasangan

"Serem bangat kan guyss..yuk ketahui fakta unik lainnya tentang King Kobra."

Edukasi | 13 February 2023, 01:31
Fakta Ular King Kobra Jantan, Saling Bunuh Demi dapat Pasangan

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra dikenal sebagai ular yang sangat mematikan, namun di balik semua itu, ternyata King Kobra memiliki cara yang unik dalam mencari pasangan.

King Kobra jantan akan saling bunuh untuk memperebutkan King Kobra betina. Duel akan terjadi di sekitar sarang yang sudah dibuat oleh yang betina, dan yang menang berhak meminangnya.

Sementara, Ular King Kobra mencari pasangan melalui proses berkembangbiak secara berpasangan atau bersentuhan. Dalam proses ini, ular jantan akan memburu dan mencari ular betina dengan menggunakan indera penciuman mereka untuk mendeteksi feromon.

Setelah mendapatkan ular betina, ular jantan akan mengikuti dan memperlihatkan tanda-tanda dominasi untuk memperebutkan hak berkembangbiak.

Jika ular betina memperlihatkan tanda-tanda siap berkembangbiak, ular jantan akan melakukan "dansa pemikat" untuk memikat perhatian ular betina. Kemudian, jika ular betina tergoda, kedua ular akan berhubungan intim dan membuahi telur-telur ular betina.

Penting untuk diingat bahwa ular king cobra adalah spesies ular berbisa yang sangat berbahaya, dan sangat dianjurkan untuk tidak mencoba untuk mendekati atau memeliharanya tanpa pengalaman dan perlindungan yang tepat.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang ular king kobra yang perlu kalian ketahui. Berikut penjelasannya:
TamanPendidikan.com

Pixabay

1. King Kobra Lebih Memilih Menghindari Manusia

Seorang penakluk ular terkenal di Indonesia, Panji mengatakan bahwa ular akan secara alamiah menghindari manusia ketimbang langsung menyerang. Naluri yang sama juga berlaku pada King Kobra.

Meski lebih memilih menghindari manusia, tapi jangan coba-coba mengusiknya. Karena king kobra akan menyerang jika diusik. Ini adalah bentuk self defense dari raja ular tersebut.

2. Tempat Tinggal yang Paling Disukai Adalah Rumpun Bambu

Ular king kobra biasanya senang bersarang di rumpun bambu. Di tempat tersebut, king kobra akan membangun sarangnya untuk bertelur dan menunggui sampai telur menetas. Selain itu, rumpun bambu menjadi tempat yang sangat bersahabat dengan telur.

3. Memiliki Kebiasaan Merentangkan Kulit Leher

Salah satu kebiasaan unik dari ular king kobra yang paling kita ketahui adalah merentangkan kulit leher dan membentuk semacam tudung ketika terancam. Tudung King cobra yang berada di sekitar leher menjadi ciri khasnya, sekaligus menjadi pembeda dengan jenis ular lainnya.

5. Mendeteksi Mangsa dengan Lidahnya

Kita pasti pernah melihat King cobra menjulurkan lidah bercabangnya. Lidah yang bercabang ini berfungsi untuk mengambil aroma dan menghantarkannya ke sebuah reseptor sensorik khusus yang disebut organ Jacobson.

6. Kong Kobra Adalah Ular Berbisa Terbesar di Dunia

Perlu diketahui, King Kobra bisa tumbuh hingga sepanjang enam meter. Fakta ini membuatnya menjadi ular berbisa terbesar di dunia, bahkan bisa sepanjang ular piton.

7. King Kobra tidak Menyemburkan Bisa

Kebanyakan orang mengira jika ular king kobra menyemburkan bisa untuk menyerang lawannya. Persepsi tersebut ternyata salah. Faktanya, King Kobra tidak menyemburkan bisanya. Inilah yang membuatnya berbeda dengan kobra bisa.

8. King Kobra Sebenarnya Pemalu

Meskipun king kobra dianggap sebagai salah satu ular paling mematikan di dunia, tetapi kenyataannya mereka sebenarnya adalah ular yang pemalu.

Langkah yang paling tepat ketika bertemu jenis ular ini adalah tidak mengganggu keberadaannya, karena di balik sifat malunya tersebut, king kobra sangatlah agresif.

9. King Kobra Takut Pada Predator yang Kebal Racun

Mekanisme pertahanan king kobra sangat tergantung pada racun neurotoksis yang ada pada tubuhnya. Akan tetapi, jika berhadapan dengan predator alami yang kebal racun, ular king kobra akan melarikan diri atau mengembangkan tudungnya sambil berdesis.

10. King Kobra Merupakan Salah Satu Ular Tercerdas di Dunia

Ternyata oh ternyata, King Kobra itu ular tercerdas di dunia. Mereka memiliki kapasitas otak yang lebih besar dibandingkan ular jenis lain.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network