Tak Hanya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Cacing Sonari Juga Bisa Bikin Awet Muda

"Punya banyak manfaat"

Edukasi | 10 February 2023, 03:02
Tak Hanya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Cacing Sonari Juga Bisa Bikin Awet Muda

TamanPendidikan.com - Cacing sonari atau sering juga disebut Sondari adalah sejenis cacing tanah dengan nama latin Pheretima mustica. Cacing sonari ini jelas berbeda dengan  cacing tanah lainnya.

Nama Sonari konon berasal dari masyarakat Pegunungan Pangrango sendiri. Cacing itu ternyata pandai "bernyanyi". Pada malam hari, cacing ini bersiul. Itulah sebabnya orang kemudian menyebutnya Cacing Sonari atau Sondari.

Cacing Sonari dikatakan hanya hidup di dataran tinggi. Seperti pegunungan Pangrango, tempat cacing-cacing Sonari ini tinggal. Di sana cukup mudah menemukan Cacing Sonari dengan berbagai ukuran.

Cacing ini juga mengandung banyak manfaat bagi manusia. Banyaknya enzim dan nutrisi lain dalam Sonari memiliki banyak  manfaat. Namun, Anda harus tahu bahwa tidak seperti cacing tanah biasa, cacing ini berukuran dua kali lipat dari cacing tanah normal dan berwarna abu-abu. Selain itu untuk mendapatkan cacing Sonari tidak semudah mendapatkan cacing pada umumnya, anda harus memanjat dan menggali terlebih dahulu.

Cacing Sonari disebut cacing hujan karena hidup di hutan hujan tropis seperti  Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Tubuh cacing ini dapat tumbuh hingga sepanjang 1,5 meter dan hidup hingga 15 tahun. Tubuhnya lunak dan berbentuk cincin serta hidup di tanah, terutama di akar-akar pohon.

Cacing Sonari memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Penurun Demam

Sonari dapat digunakan sebagai penurun demam yang efektif. Apalagi jika  mengalami demam akibat infeksi, caranya adalah dengan membersihkan cacing dan menjemurnya di bawah sinar matahari, kemudian dihaluskan hingga berbentuk seperti bubuk dan dijadikan obat. Agar lebih mudah, Anda bisa memasukkannya ke dalam kapsul kemasan obat.

2. Meningkatkan Peredaran Darah

Cacing sonari mengandung bahan yang dapat berperan sebagai antioksidan, yang tidak hanya digunakan untuk mencegah kanker, tetapi juga dapat digunakan untuk memperlancar peredaran darah. Untuk memperlancar peredaran darah, isi kandungan Sonari harus dikeluarkan terlebih dahulu lalu diminum secara teratur.

3. Obat yang efektif melawan penyakit tifus
 
Seperti khasiat cacing pada umumnya, Sonari bermanfaat sebagai obat penyakit tifus, namun berbeda dengan cacing, Sonari biasanya lebih cepat dan lebih efektif daripada cacing dalam mengobati pasien tifus, dan masih banyak lagi khasiatnya.
 
4. Proses metabolisme tubuh

Konsentrasi asam amino, bahan baku pembentukan protein berkualitas tinggi dan jumlah enzim dalam Sonari sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme dalam tubuh diproses dengan cepat dan benar. Jika proses metabolisme tubuh teratur, sistem metabolisme tidak terganggu.

Kandungan Cacing Sonari juga dapat melembabkan kulit dan membuatnya awet muda. Meski ukurannya sangat besar, cacing Sonari ternyata memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan manusia.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network